Website Down dan Overload ? Kenali Penyebabnya !

Website Down dan Overload ? Kenali Penyebabnya !

Website Down dan Overload – Bagi anda para pengguna layanan hosting, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah website down, overload, lemot dan lain sebagainya, yang paling sering ditemui adalah kasus website down dan overload sehingga menyebabkan performa website menjadi sangat lambat untuk merespon bahkan paling parahnya lagi anda tidak bisa mengaksesnya. Website down dan Overload disini memiliki banyak penyebabnya, perlu dilakukan pengecekan apakah berasal dari CPU, RAM, MySQL, hardware atau software internalnya yang bermasalah.

Server sama halnya dengan seperti komputer biasa pada umumnya, kadang berjalan dengan lambat saat banyak menjalankan proses. Sebenarnya salah satu cara Agar tidak terjadi overload seperti ini Anda bisa melakukan upgrade pada hardware maupun softwarenya. Sama halnya dengan hosting ketika terjadi overload, solusi yang terbaik adalah upgrade paket diatasnya atau bisa saja upgrade ke layanan VPS jika memang sangat diperlukan.

Penyebab Website Down dan Overload

Ketika terjadi website down, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab utamanya, baik yang berasal dari luar (eksternalnya) atau yang berasal dari dalam (internalnya). Untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya, silahkan simak artikel ini sampai habis.

  1. Traffic Terlalu Tinggi

Penyebab utama website menjadi down dan overload adalah karena website atau hosting memiliki traffic yang sangat tinggi, jika anda pernah mengalami website ketika dibuka terjadi loading yang sangat lama padahal koneksi anda tidak ada masalah, maka bisa saja itu disebabkan karena website nya mengalami down dan overload. Hal ini biasanya bergantung pada kondisi server/hosting yang digunakan oleh website itu sendiri. Segera cek traffic website anda jika mengalami hal itu, dan segera lakukan tindakan penanganan agar website bisa kembali berjalan dengan normal dan lancar.

  1. Resource Full

Penyebab berikutnya yaitu resource mengalami limit atau full, hal ini berkaitan dengan traffic website tadi tapi perbedaannya ada pada sisi resource. Jika website anda memiliki resource yang terbilang kecil tetapi traffic nya sangat tinggi dan sering diakses oleh banyak orang, atau bisa jadi penggunaan plugin yang terlalu banyak sehingga membuat full dan menjadi limit, maka dapat dipastikan akan terjadi website down dan overload. Jika sering menggunakan layanan cpanel, anda bisa melihatnya di menu Resource Usage.

Jika tidak ingin pusing akan hal ini, silahkan anda upgrade layanan hostingnya sehingga menjadi lebih besar agar hal ini dapat menyesuaikan dengan traffic website anda agar tetap menjaga kestabilan website yang anda miliki.

  1. Serangan DDoS

DDos adalah singkatan dari Distributed Denial of Services, merupakan sebuah serangan pada website yang dimana membuat sebuah request palsu ke website secara berulang-ulang yang menyebabkan server menjadi kesulitan dalam menerima request yang masuk dan kesulitan dalam mengelola valid request yang masuk karena serangan DDos tadi. Analoginya, seseorang dapat menyuruh ribuan orang sekaligus untuk masuk ke dalam sebuah pintu yang sama secara paksa dan dalam waktu yang bersamaan. Pasti akan terjadi antrian yang panjang dan overload pada websitenya. Sangat sulit biasanya menangani serangan ini karena biasanya mereka akan menggunakan IP yang berbeda-beda. Tapi seiring berjalannya waktu, sudah banyak tersedia alat atau tools yang dapat memberikan perlindungan terhadap DDos ini seperti CloudFlare yang bertugas untuk melindungi IP Address asli anda dengan menutupi IP Address yang dimiliki oleh CloudFlare.

  1. Data Pusat Down

Penyebab yang lainnya bisa saja diakibatkan oleh masalah koneksi atau mati lampu ( power cut ). Ini bisa saja terjadi, tapi biasanya data pusat memiliki candangan listrik seperti UPS yang dapat bertahan 10-20 menit. Oleh karena itu, biasanya para petugas data pusat akan segera melakukan tindakan cepat agar tidak terjadi website down karena power cut. Atau bisa saja kemungkinan lainnya karena koneksi anda bermasalah dan anda bisa mencoba melakukan tes MTR ke dalam website yang anda miliki.

  1. Server Down

Penyebab yang satu ini diakibatkan karena salah satu server service bermasalah sehingga gagal untuk melakukan koneksi. Beberapa service yang sering down adalah WHM (2087), MYSQL (3306), SSL (443) dan HTTP (80). Jika website anda mengalami salah satu dari gangguan tersebut, silahkan menghubungi layanan service yang disediakan oleh penyedia layanan hosting pada website anda.

Selain penyebab utama diatas, terdapat poin-poin penting lainnya yang menjadi penyebab website down dan overload

Overload CPU Usage

  • Traffic per account hosting sudah cukup tinggi, misalnya terdapat 10000 pengunjung per hari dan ini harus diupgrade ke VPS/Dedicated Server agar tetap stabil
  • Menggunakan script yang menghabiskan sumber daya CPU pada server terlalu lama/tinggi
  • Proses pada saat load php/script sangat banyak dan lama sehingga menghabiskan sumber daya CPU yang digunakan.
  • Terjadi bug atau error pada sebuah script yang mengakibatkan proses menjadi berulang-ulang tanpa henti
  • Terjadi error internal pada website atau kode programnya, bisa dilihat pada error log dalam cpanel hosting

Overload RAM/Memory Usage

  • Script yang digunakan mengalami gangguan sehingga tersangkut di memory server dalam jangka waktu yang lumayan lama dan panjang
  • Script / plugin yang digunakan menggunakan memori server dalam jumlah besar setiap kali dijalankan dan yang digunakan terlalu banyak atau tidak mengoptimalkan yang tidak terpakai
  • Proses script / php selalu aktif setiap saat di server sehingga menyita memori server sepanjang waktu ketika berjalan

Overload MySQL Usage

  • Traffic per account hosting sudah cukup tinggi, misalnya terdapat 10000 pengunjung per hari dan ini harus diupgrade ke VPS/Dedicated Server agar tetap stabil
  • Menggunakan query database secara berlebihan dan tidak dibatasi
  • Menarik data dari database secara berlebihan pada setiap load halaman web sehingga website menjadi berat dan lemot
  • Tidak menggunakan sistem / plugin caching untuk meringankan beban memori yang diolah
  • Menggunakan koneksi database dengan metode “persistent” sehingga membebani server
  • Menggunakan beragam script atau plugin berjenis statistik untuk pengumpulan data, misalkan visitor, counter, secara berlebihan yang tentu saja dapat membuat lemot
  • Terjadi spam pada website dan tidak diawasi dengan baik
  • Terjadi error internal pada website atau kode programnya, bisa dilihat pada error log dalam cpanel hosting.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai penyebab website down dan overload yang sekiranya sering kita alami sebagai pengelola website. Sekarang, penting bagi kita untuk dapat mengawasi setiap perubahan yang terjadi pada website sehingga dapat melakukan tindakan penanganan yang tepat dan cepat.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *