VPS dan Dedicated Server, Jenis Hosting Yang Lebih Tinggi Tingkatannya

VPS dan Dedicated Server, Jenis Hosting Yang Lebih Tinggi Tingkatannya

VPS dan Dedicated Server – Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang Shared Hosting dan Cloud Hosting. Tetapi tak hanya sampai disitu, di dalam hosting ada lagi tingkatan teratas yang disebut dengan VPS dan Dedicated Server. 

Memiliki hosting website sendiri sangatlah membantu dalam mengoptimalkan website sesuai keinginan kita. Saat membuat website secara gratis pastinya akan langsung mendapatkan hosting gratis tanpa perlu ribet mengurus sana sini dan tentunya segala pengaturan website harus patuh pada platform gratis tersebut. Sedangkan menggunakan hosting berbayar tentunya Anda harus benar-benar pintar dalam memilih hosting mana yang akan digunakan.

Menggunakan provider hosting website harus pintar-pintar  memilih hosting mana yang akan dipakai. Selain harga, Anda juga perlu memperhatikan fasilitas serta fitur pada hosting yang dipilih agar nantinya tidak membuat kita rugi. Jika Anda merasa memiliki pengetahuan yang lebih tentang hosting dan website serta ingin melakukan pengaturan sendiri apa yang ada di website maka Anda dapat mencoba untuk menggunakan vps hosting maupun dedicated hosting.

Perlu dirinci lebih detail lagi dalam memilih layanan hosting sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki, jangan sampai Anda salah dalam membeli layanan hosting. Jika Anda baru memulai blog/website, paling tepat menggunakan layanan shared hosting saja. Untuk Anda yang memiliki website dengan traffic yang sudah besar dan berencana upgrade ke spesifikasi yang lebih besar, maka layanan hosting Virtual Private Server atau Dedicated Server adalah paling cocok.

Mungkin ada yang bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan dari VPS dan Dedicated Server ini ? Secara keduanya sama-sama menggunakan server, bukan lagi shared hosting yang dijual harga murah dengan spesifikasi dan kemampuan yang terbatas. Dan juga keduanya sama-sama diperuntukan bagi orang yang sudah mahir dan terbiasa di dalam dunia hosting. Jadi, apa itu VPS dan Dedicated Server ?

Baca Juga Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting

Perbedaan VPS dan Dedicated Server

Walaupun VPS dan dedicated server sama-sama menggunakan server untuk pengoperasiannya, namun keduanya juga masih memiliki perbedaan yang signifikan dari segi manfaat maupun kekurangannya. Apa saja perbedaannya itu ?

VPS ( Virtual Private Server )

Dilansir dari Masterweb, VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS adalah salah satu layanan hosting paling populer yang dapat Anda pilih untuk situs web Anda. VPS menggunakan teknologi virtualisasi untuk memberi Anda sumber daya (pribadi) khusus pada server dengan banyak pengguna. Nah untuk VPS Linux Masterweb, menggunakan teknologi virtualisasi KVM dan control panel Virtualizor yang powerful. 

Ini adalah solusi yang lebih aman dan stabil daripada shared hosting di mana Anda tidak mendapatkan dedicated server. Namun, ini berskala lebih kecil dan lebih murah daripada menyewa seluruh server. VPS biasanya dipilih oleh pemilik situs web yang memiliki trafik tingkat menengah yang melebihi batas rencana shared hosting tetapi belum memerlukan resource dedicated server.

Dengan VPS, pengguna dapat berbagi sejumlah sumber daya fisik seperti ruang disk, CPU dan RAM, tetapi masih dapat menikmati kebebasan memiliki server pribadi dan panel kontrol Anda sendiri. 

VPS memungkinkan pengguna untuk mengelola sepenuhnya, dari semua pengaturan dan konfigurasi mereka sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan membuat perubahan atau penyesuaian apa pun yang Anda butuhkan, saat situasi muncul. Karena VPS sebenarnya bukan server fisik, Anda tidak perlu khawatir tentang ruang atau sumber daya (RAM, CPU, bandwidth jaringan) karena ini berada di ‘cloud’ dan dikelola oleh alat pusat data yang canggih.

Kelebihan VPS :

VPS memiliki kelebihan-kelebihan seperti :

  • Mempunyai akses root sehingga dapat mengubah semua pengaturan sesuai kebutuhan tanpa batasan
  • Server lebih stabil dibanding shared hosting dan downtime berkurang
  • Mempunyai IP Public khusus.
  • Dapat menginstall software di layanan VPS sesuai kebutuhan Anda, fleksibel 
  • Resource milik pribadi seperti RAM, CPU, space. Tidak dibagi kepada yang lain.

Kekurangan VPS :

Dibalik kelebihannya, VPS juga memiliki kekurangan loh, apa sih kekurangannya:

  • Kurang cocok untuk pemula
  • Penggunanya harus memahami linux dan windows untuk mensetting VPS di awal
  • Biaya cenderung lebih mahal dibanding shared hosting
  • Pengguna VPS harus mengerti tentang server
  • Cukup rumit untuk memanajemen perangkat

VPS Diperuntukkan Untuk Siapa ?

VPS tentunya tidak cocok bagi Anda yang masih pemula dalam belajar dunia website, VPS lebih cocok untuk Anda yang berencana upgrade dari layanan shared hosting atau cloud hosting menuju yang lebih tinggi. Dari segi harga VPS hanya terpaut sedikit saja dari layanan termalah dari shared atau cloud hosting. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca kapan waktunya upgrade ke VPS pada artikel sebelumnya.

Dedicated Server

Dedicated Server adalah salah satu layanan hosting yang menawarkan penyewaan server dengan penuh kepada satu pengguna saja. Artinya Anda akan mendapatkan semua server secara utuh dan diberi kebebasan menggunakan server tersebut. Jika Anda menggunakan layanan VPS, maka Dedicated ini akan dibagi untuk beberapa pengguna VPS, secara gampangnya dedicated server ini adalah gabungan dari beberapa VPS menjadi satu. Dedicated Server menduduki kasta tertinggi dalam penyewaan hosting mulai dari spesifikasi hardware yang tinggi dan space yang besar.

Kelebihan Dedicated Server :

Ada beberapa kelebihan dari dedicated server yang perlu Anda ketahui, apa saja kelebihan dari dedicated server? Berikut pembahasannya :

  • Akses penuh 100% untuk server dedicated yang sudah disewa.
  • Dedicated server menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari VPS.
  • Dedicated server akan memberikan IP Unik untuk setiap penggunanya, jadi untuk masalah privasi dan keamanan akan lebih baik.
  • Jaminan kerusakan jika terjadi pada dedicated server menjadi tanggung jawab penyedia jasa dedicated server.
  • Tidak perlu berbagi dengan pengguna lain, full milik pribadi.

Kekurangan Dedicated Server :

Selain kelebihan dedicated server, ada beberapa kelemahan dedicated server yang perlu Anda ketahui. Berikut pembahasannya :

  • Tidak cocok untuk pemula
  • Biaya sewa yang mahal, karena semakin tinggi spesifikasi server akan semakin mahal pula biaya sewanya.
  • Setting, perbaikan dan perawatan server lebih sulit.

Dedicated Server Diperuntukkan Untuk Siapa ?

Untuk dedicated server, orang yang paling tepat untuk menggunakannya yang pasti memiliki website dengan kebutuhan serta spesifikasi tinggi seperti website perusahaan, website pemerintahan, toko online serta web bisnis. Selain itu jika spesifikasi VPS yang Anda gunakan sudah tidak mampu menampung traffic website yang masuk, Anda bisa mencoba untuk menggunakan layanan dedicated server. Di Qwords kami memiliki layanan dedicate server terbaik dengan uptime diatas 98% high grade enterprise hardware serta bantuan customer service selama 24 jam full.

Kesimpulan

Itu dia perbedaan VPS dan Dedicated Server. Jadi dibalik kelebihan-kelebihan yang ditawarkan tentunya ada juga kelemahannya. Untuk perbedaan yang paling utama adalah soal harga, spesifikasi dan penggunaan dimana VPS berada dibawah dedicated server. Jika dapat disimpulkan untuk skala menengah akan lebih cocok untuk menggunakan VPS dan untuk skala menengah atas lebih pas menggunakan dedicated server. 

Semoga artikel mengenai VPS dan Dedicated Server ini bermanfaat bagi kalian

Sumber Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *