Tren Website Design 2021, Bisa Meningkatkan Trafik Website Kalian !

Tren Website Design 2021, Bisa Meningkatkan Trafik Website Kalian !

Tren Website Design 2021- Jika kalian saat ini sedang mengelola sebuah website tentu kalian akan sangat memperhatikan tampilan website kalian agar enak untuk dilihat orang atau pengunjung website kalian. Hal ini perlu dilakukan agar para audiens dari website kalian mendapat kesan pertama yang bagus setelah melihat tampilan dari website kalian.

Kebanyakan orang saat ini, terbilang lebih sering melihat sesuatu dari tampilan nya dulu baru kontennya. Jadi sebisa mungkin buat kesan pertama itu indah dimata audiens kalian.Oleh karena itu, penting bagi kita para pelaku bisnis yang mengelola sebuah website untuk mengetahui apa saja tren website design 2021 ini, agar nantinya bisa kita terapkan di website pribadi milik kita.

Tapi, kalian mungkin akan sedikit kebingungan karena banyaknya design website yang tersedia di internet. Jangan khawatir, di artikel kali ini kami akan membagikan beberapa tren website design 2021, kami sudah merangkumnya untuk kalian sehingga kalian bisa mempertimbangkan tren website design 2021 yang cocok bagi bisnis kalian nantinya. 

Tren Website Design Yang Menarik di Tahun 2021

Mengembangkan sebuah website memang perlu melibatkan banyak komponen, salah satunya adalah web design. Desain dan layout web ini memang tidak bisa untuk diabaikan, sebab hal pertama yang akan membuat visitor (pengunjung) tertarik untuk melihat-lihat website Anda adalah desainnya. Jika visitor tidak merasa nyaman dengan web design inspiration pilihan Anda, maka ia bisa saja beralih ke website lain yang lebih menarik.

Cara termudah agar desain web Anda tidak ketinggalan zaman adalah dengan sering mencari web design inspiration terkini. Rajin mengupdate tampilan website Anda dengan web design inspiration terbaru juga akan memberikan nuansa baru sekaligus fresh untuk pengunjung setia website Anda. Seperti pada web design inspiration terbaru 2021 berikut ini.

Uniknya, prediksi web design inspiration tahun 2021 tak hanya mengusung elemen-elemen desain modern kekinian saja lho. Beberapa trend web design lama juga akan kembali hadir dan digunakan dengan sentuhan inovasi.

1. Full Page Header

Full-page header adalah header berukuran penuh yang mengisi sebagian besar halaman website. Peran header sangat penting karena menjadi hal pertama yang dilihat pengunjung website. Tak heran, teknik ini juga menjadi trend web design untuk mempercantik website.

Sumber :  Envanto Elements

Gambar diatas merupakan contoh website yang menerapkan Full Page Header. Pertama, tampilan website akan mengajak pengunjung langsung fokus pada informasi utama. Kedua, desain ini juga memudahkan Anda menempatkan call to action (CTA) yang mengajak pengunjung untuk melakukan pembelian.

Call to action ( CTA ) ini berfungsi untuk memperjelas maksud dari tampilan utama website ini, sebagai contoh di atas, CTA yang digunakan “Get Started” yang berarti mengajak anda untuk mulai menjelajahi website tersebut.

Untuk memudahkan Anda membuat full page header, simak beberapa tips berikut:

  • Gunakan ukuran header yang sesuai. Ukuran full page header yang disarankan adalah 1600×500 pixels. Jadi, bisa menampung elemen header dengan proporsional.
  • Usahakan file header tidak terlalu besar. Kami menyarankan ukurannya tidak lebih dari 400kb dan gunakan format PNG.
  • Gunakan gambar header sesuai brand bisnis. Anda bisa memasang gambar manusia untuk menciptakan kesan personal, slider untuk menampilkan produk-produk menarik, dan berbagai gambar lain yang mencerminkan bisnis Anda.
  • Pertegas bagian yang paling penting. Anda bisa memperbesar atau mempertebal objek tertentu, seperti judul header, besaran diskon, dan lain-lain.

2. Parallax Animation Website

Di posisi kedua trend web desain 2021 adalah parallax animation. Banyak pakar dan pengamat desain sudah yakin bahwa trend parallax animation akan booming tahun depan karena keunikannya yang luar biasa.

Melansir laman 99Designs, tren desain web yang diprediksi akan meledak pada 2021 mendatang adalah parallax animation.

Bagi kalian yang belum mengenalnya, parallax merupakan sebuah ilusi optik di mana objek yang berdekatan dengan jarak pandang bergerak lebih cepat dibandingkan dengan yang lebih jauh. Desain web animasi yang memiliki fokus utama pada permainan ilusi optik. Salah satu contoh parallax animation adalah gambar pemandangan pada background website yang terus berubah ketika user men-scroll halaman website. Sehingga, user akan terus merasa mendapat ‘kejutan’ ketika menjelajahi website Anda dan tidak akan merasa bosan.

Meskipun kita dapat melihat ilusi ini setiap kendaraan melewati pemandangan yang luas, penerapannya dalam animasi web design mampu menciptakan suasana surealis pada laman situs. Alhasil, setiap user yang hadir pada website akan merasakan suasana yang seakan nyata seperti kehidupan sehari-hari.  

Oleh karena itu, 99Designs tak ragu saat mereka menggambarkan parallax animation layaknya menyulap desain web menjadi hidup.

Parallax Website

Sumber : Dribble

3. Mode Gelap Website

Siapa yang tidak tahu dark mode? Tren desain mode gelap pada aplikasi dan website ini pertama kali muncul pada tahun 2020, namun tingkat penggunaannya diprediksi akan semakin bertambah di tahun 2021 mendatang. Hal ini disebabkan tak lain karena tingginya penggemar tampilan dark mode sampai hari ini.

Tampilan dark mode memang mempunyai banyak manfaat bagi user. Mulai dari memberikan kesan elegan di halaman web, tidak membuat mata pegal saat melihat layar, hingga lebih menghemat konsumsi daya baterai dari gadget Anda. Ada cukup banyak website yang sudah mengaplikasikan mode gelap ini pada halaman-halamannya. Ada juga website yang menyediakan “tombol switch” sehingga user bisa menyesuaikan sendiri ingin memakai mode gelap atau terang saat menyimak konten website, seperti pada website media harian Tirto.id.

Hanya saja di tahun 2021 mendatang terdapat prediksi bahwa tampilan dark mode akan ditambahkan dengan inovasi sentuhan baru. Inovasi dark mode tersebut adalah pemberian sentuhan warna neon atau pastel pada icon, judul, dan tombol-tombol lain agar tampilan gelap website menjadi semakin cantik. Bagaimana, tertarik untuk mengubah tampilan desain website Anda menjadi dark mode versi terbaru?

Dark Website designs, themes, templates and downloadable graphic elements on Dribbble

Source : Dribble

4. Neumorphism

Tren web design berikutnya yang akan hadir di tahun 2021 adalah neumorphism. Gaya satu ini merupakan penerus skeuomophism, pendekatan desain yang menggabungkan rendering bahan yang sudah dikenal dan tua ke dalam desain modern. Tren gaya ini digantikan oleh desain yang lebih datar, di aman designer menyederhanakan ikon dan warna dengan cara yang kurang realistis tetapi lebih seragam dan mudah dikenali.

Neumorphism merupakan gabungan dari skeuomophism dengan gaya minimalist realism.

30 Cool Neumorphism UI Design Examples | LaptrinhX

Sumber : Laptrinhx.com

Memberdayakan ikon-ikon datar menjadi tampilan 3D yang lebih realis dan mudah untuk dinikmati user. Neumorphism adalah gaya desain unik karena menjadi inovasi dari gaya desain skeuomophism, sebuah teknik rendering zaman dahulu ke desain-desain modern. Neumorphism adalah teknik desain yang menggabungkan seni minimalis realisme dan skeuomophism kemudian memodifikasinya dengan sentuhan digital untuk website.

Contoh pengaplikasian neumorphism yang akan paling banyak atau mudah ditemukan adalah pada icon-icon website. Tidak seperti icon warna-warni biasa, icon gaya neumorphism jauh lebih datar, berwarna seragam dan diformat dalam bentuk 3D (timbul ke permukaan). Dengan begini, user akan lebih mudah untuk mengenali icon-icon pada website.

5. Gradient Color

Gradient color adalah desain yang menunjukkan transisi warna secara bertahap. Trend website design ini menciptakan kedalaman visual sehingga website terlihat lebih hidup.

Seperti yang Anda saksikan pada gambar di atas, pemakaian gradient color membuat website ini terlihat eye-catching. Pendekatan trend web design ini cocok untuk bisnis agency, kursus online atau sejenisnya.

Gradient Color designs, themes, templates and downloadable graphic elements on Dribbble

Sumber : Dribble

Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan tips untuk membuat gradient color ini:

  • Pilih warna yang sesuai dengan brand bisnis Anda. Sesuaikan gradasi warna pada desain website. Misalnya jika Anda meletakkan logo, sesuai dengan warna logonya.
  • Gunakan gradasi warna secukupnya. Cukup pilih dua sampai tiga warna saja untuk efek gradasi yang ditampilkan.
  • Tentukan fokus desain. Gunakan teknik arah cahaya datang untuk membuat area gelap dan terang. Hal ini penting untuk menciptakan fokus. 
  • Cari inspirasi di dunia nyata. Perhatikan objek nyata di sekitar Anda dan pelajari pola gradasinya. Gunakan sebagai inspirasi agar desain gradasi Anda terlihat lebih real.

6. Website Minimalist

Desain web minimalis dapat diartikan sebagai desain web sederhana, tidak terlalu banyak warna, dan mudah dinavigasi / ditelusuri melalui fitur yang tersedia. Sebuah website ataupun blog yang mengusung Desain Web Minimalis cenderung disukai karena web seperti ini biasanya mudah dipahami dan diakses.

Situs halaman yang memiliki desain menarik tidak memiliki template yang berisi berbagai elemen tidak berguna. Dan fitur berlebihan dan berbagai link penjualan (iklan yang berlebihan) yang dapat membuat pengunjung bingung bahkan merasa kurang nyaman, terutama jika pengunjung tidak terlalu akrab dengan internet, dan sudah tentu sangat mengganggu kenyamanan dalam menikmati informasi yang disajikan.

Web Desain yang mengusung konsep Minimalis juga harus kaya dalam konsep dan sesuai dengan kebutuhan pembacanya. Setidaknya menurut analisis saya, kecenderungan web design minimalis memiliki kecepatan loading halaman dan fitur yang sangat dibutuhkan sesuai dengan konsep blog / situs itu sendiri.

Web desain minimalis dianggap ringan, komunikatif, dan elegan. Tapi jangan lupa, terkadang pengelolaan web desain minimalis yang tidak tepat bisa membuat tampilan terlihat membosankan, terkesan biasa saja bahkan kaku.

Disini juga diperlukan “sense” yang tepat untuk merancang sebuah konsep Web Design Minimalis yang tampak selalu segar, fresh dan menarik. Kita harus bisa menempatkan skala prioritas yang baik, terutama penggunaan layout, fitur dan kebutuhan komersial (bila diperlukan).

50 Clean, Simple and Minimalist Website Designs - Hongkiat

Sumber : Hongkiat

7. Product Photography

Seiring dengan pertumbuhan e-commerce kekinian yang semakin massif, trend desain web product photography pun menjadi salah satu inspirasi desain web yang wajib untuk dicoba gunakan.

Sesuai namanya, product photography adalah gaya desain web yang menggunakan foto-foto utama konten (seperti foto produk dagang) sebagai fokus utama website. Nantinya, diharapkan foto-foto tersebut dapat menjadi media penarik engagement dan interaksi visitor dengan konten website.

Penggunaan product photography diprediksi akan meningkat dan semakin optimal di 2021. Beberapa inovasi dari pengaplikasian product photography misalnya seperti memakai teknologi animasi 3D untuk menampilkan gambar dari beragam sisi, teknologi virtual reality (VR) yang memungkinkan masyarakat mencoba produk secara virtual dan membuat foto yang sesuai dengan ukuran asli produk.

12 Photography — Product Photography | by Mr Boal | Medium

Sumber : Medium

Uniknya, teknologi product photography VR sudah mulai diaplikasikan oleh sejumlah brand lipstick dari sekarang. Mereka sengaja memakai VR untuk melengkapi konten produk lipstick guna menghindarkan calon konsumen dari kesalahan memilih shade warna lipstick. Dengan sistem virtual reality, user bisa mencocokkan langsung warna produk lipstick pada bibir mereka – seolah-olah mereka sudah memakai lipstick tersebut sebelum membeli produk.

Nah itu dia tadi beberapa tren website design 2021 yang sekiranya bisa menjadi inspirasi bagi kalian dalam mengelola website agar tampilannya lebih menarik di mata audiens. Penting untuk diingat kalian bisa saja menggabungkan beberapa tren tersebut menjadi satu jika menurut kalian itu bagus untuk memikat audiens dan meningkatkan trafik website kalian.

Jika kalian bingung ingin memulai membuat website dari nol, kami bali om design menyediakan jasa pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan kalian, banyak keuntungan yang akan kalian dapatkan jika menggunakan jasa kami. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat-lihat isi website kami ini ya !

Baca Juga Bisnis Yang Akan Booming di Tahun 2021 Ini

Sumber referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *