Tools Digital Marketing untuk bisnis

Tools Digital Marketing untuk bisnis

Tools Bisnis Digital Marketing – Perkembangan teknologi komunikasi sekarang ini membuat masyarakat luas bisa saling terhubung melalui koneksi digital. Perusahaan harus bisa beradaptasi dengan dunia digital untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan dan menawarkan produk dengan cara yang kreatif, efektif, dan menarik khususnya secara visual. Saat ini, sangat penting untuk melakukan pemasaran digital demi kesuksesan bisnis kalian. Pemasaran digital juga menawarkan peluang untuk dapat memilih taktik pemasaran seperti apa yang kalian ingin gunakan nantinya.

Pada kesempatan kali ini, kami Bali Om Design akan memberikan informasi beberapa tools bisnis digital marketing yang wajib untuk diketahui. Sebenarnya, sudah banyak web-web yang memberikan penawaran tools digital. Dari banyaknya pilihan itu, memilih alat terbaik menjadi proses yang sedikit panjang dan lama. Agar memudahkan kalian, kami telah membuat daftar alat-alat pemasaran digital terbaik yang bisa kalian gunakan saat ini :

A. Google Analytics

gambar google analytics
google analytics

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektivitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat google.com/analytics/. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google. Jika kalian menggunakan Google Analytics, kalian akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :

  • Memahami jenis pesan apa yang lebih beresonansi dengan pelanggan Anda
  • Mencari tahu dari mana asal pengguna
  • Menentukan seperti apa strategi digital yang terbaik bagi perusahaan kalian
  • Bagian yang menjadi preferensi pengguna situs
  • Kata kunci yang sering digunakan
  • Detail teknis mengenai perangkat pengunjung situs, seperti browser yang digunakan atau sistem operasi seluler mereka.

B. Google My Business

google mybusiness digital marketing
google my business

Google Bisnisku (GMB), atau Google My Business adalah fitur gratis yang mudah digunakan oleh para pebisnis maupun organisasi untuk keperluan mengelola kehadiran online mereka di Google, termasuk juga di penelusuran dan Maps. Dengan hanya memverifikasi dan mengedit informasi bisnis/usahanya, maka anda dapat membantu pelanggan menemukan bisnis anda dan menceritakan kisah tentang bisnis anda kepada mereka (calon pelanggan). Jadi, Google membantu para pelaku bisnis supaya lebih mudah ditemukan di internet serta informasi lengkap dari bisnis tersebut. Karena sebuah usaha yang termuat telah mempunyai informasi lengkap serta terverifikasi pada saat mendaftarkan bisnis/usahanya.

Google Bisnisku memungkinkan para pemilik bisnis untuk memposting pembaruan, baik berupa pengumuman ataupun penjualan. Sampai saat ini ada empat jenis postingan yaitu Kabar Berita Terbaru, Acara, Produk, dan Penawaran. Pada setiap jenis posting, pengguna dapat menambahkan deskripsi, foto, dan tautan. Mereka juga dapat menambahkan tombol Call-To-Action opsional ke posting. Opsi tombol Ajakan Bertindak adalah Buku, Beli, Pesan Online, Pelajari Lebih Lanjut, dan Daftar. Postingan biasanya dapat ditampilkan pada hasil penelusuran Google. Tapi postingan akan kadaluarsa setelah tujuh hari dan tidak lagi muncul pada hasil pencarian pada saat itu.

C. Google Search Console

google search console digital marketing
source : https://glimpse.media/blog/google-search-console

Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu kalian memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs kalian di hasil Google Penelusuran. kalian tidak harus mendaftar ke Search Console agar situs kalian dicantumkan di hasil Google Penelusuran, namun Search Console dapat membantu kalian memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs kalian. Search Console menawarkan fitur dan laporan untuk tindakan berikut:

  • Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda.
  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.
  • Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs kalian, seberapa sering situs kalian muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs kalian, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs kalian.
  • Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.

D. Hootsuite

hootsuite digital marketing
source : https://www.vbout.com/wp-content/uploads/2019/10/hootsuite.jpg

Hootsuite mengizinkan kalian mengelola profil Twitter, Facebook, Google+, Instagram, YouTube, dan LinkedIn kalian. Sarana ini juga menunjang FourSquare, Pinterest, StumbleUpon, Vimeo, dan banyak platform lainnya yang tersedia melalui aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Fitur ini saja menjadikan Hootsuite alat yang sangat kuat.

Mungkin hal terbaik tentang Hootsuite adalah dasbornya yang bisa diorganisasikan secara serupa dengan layout kolom TweetDeck sebagaimana disampaikan di artikel sebelumnya. Perbedaannya adalah bahwa dengan Hootsuite kalian bisa membuat aliran untuk setiap dan semua akun media sosial yang Anda kelola.

Selain itu, kalian mendapat akses ke seperangkat laporan dan analisis, alat penjadwalan, dan sejumlah fitur lainnya yang akan membuat pemasaran media sosial Anda jauh lebih mudah.

a. Kelebihan

  • Dasboard dengan aliran multi-kolumnar yang memudahkan pemantauan beberapa metrik sekaligus.
  • Aplikasi untuk terhubung dengan jaringan media sosial lainnya
  • Aplikasi seluler dan add-on browser untuk dengan mudah berbagi konten dari web

b. Kekurangan

  • Laporan analitik mahal
  • Ow.ly-Only URL Shortener – Hootsuite tidak terintegrasi dengan shortcut URL pihak ketiga dan menggunakannya sendiri. Hal ini dapat menyulitkan untuk melacak kampanye dan kinerja Anda di luar Hootsuite atau jika Anda mengimpor sebuah pos dengan URL yang telah dipersingkat sebelumnya.

E. Mailchimp

mallchimp logo
source : https://www.dexigner.com/images/news/xxi/31385.jpg

Mailchimp adalah platform email marketing berbasis web. kalian  bisa menggunakan platform ini untuk tools bisnis digital marketing serta mendesain atau mengirimkan email kepada pelanggan dan subscriber website. Dengan sifatnya yang berbasis web, kalian bisa dengan mudah mengakses Mailchimp. Tak perlu download atau install software tambahan.

Tidak sampai disitu saja. Mailchimp menawarkan begitu banyak fitur menarik. Fitur-fitur ini akan memudahkan Anda mengeksekusi strategi marketing. Mailchimp mempunyai berbagai fitur andalan, yaitu :

  • Mailchimp menawarkan banyak model campaigns untuk Anda. Tidak hanya email saja, tetapi juga landing pages, postcard, signup forms, Google remarketing ads, bahkan sampai Facebook ads. Terintegrasi dengan berbagai apps dan tools. Dengan banyak apps dan tools, Anda bisa menambahkan berbagai fungsi ke dalam campaign yang dikirim. Ada tombol booking atau pesan, rekomendasi produk sesuai transaksi yang dilakukan pembeli, mengirim tagihan langganan, dan banyak lainnya.
  • Mailchimp memudahkan Anda mengirim email secara otomatis. Anda tak perlu mengirimkan email secara manual ketika pelanggan baru membuat akun, mengingatkan transaksi pembelian yang belum selesai, ucapan selamat ulang tahun, rekomendasi produk, dan mengirimkan notifikasi pembelian.
  • kalian bisa membagi subscriber Anda berdasarkan minat tertentu dan mengirimkan email yang sesuai minat mereka. Anda juga bisa melihat bagaimana performa campaigns yang dibuat dan melakukan testing campaigns untuk melihat mana yang paling efektif.

Dengan fitur-fitur andalan ini, tak aneh jika Mailchimp adalah platform email marketing terlaris yang telah digunakan oleh jutaan user di lebih dari 200 negara di dunia.

F. SEMrush

semrush digital marketing
source : https://i1.wp.com/www.ecommerce-nation.com/wp-content/uploads/2018/01/SEMrush-content-marketing-SaaS-platform.png?fit=1000%2C600&ssl=1

SEMrush adalah perangkat lunak berbasis online lengkap yang diprogram untuk membantu dalam merencanakan dan melaksanakan upaya kalian dalam hal SEO, SEM serta penelitian media sosial dan periklanan video.

SEMrush bekerja dengan membuat konten kalian di depan audiens kalian melalui SEO dan juga memberi kalian wawasan tentang topik untuk ditulis berdasarkan topik yang paling banyak dicari hasil di mesin pencari seperti Google dan Bing.

Di antara semuanya, “SEMRUSH” adalah salah satu alat bantu yang ampuh bagi pemasar digital untuk dapat melakukan SEO pada situs web. Banyak analis SEO menggunakan alat ini untuk:

  • Melakukan riset kata kunci
  • Mengaudit situs web
  • Melihat peringkat kata kunci
  • Melihat sumber backlink
  • Menempatkan situs web
  • Membuat konten dengan kata kunci tertentu
  • Analisis kompetitif.

Produk ini dipercaya oleh organisasi besar seperti Amazon, Ebay, Disney, Hewlett Packard, dan masih banyak lagi. Keuntungan dari menggunakan SEMrush antara lain :

  • Dapat menemukan dan menyelesaikan masalah di situs web
  • Memantau kinerja situs web
  • Bermanfaat untuk menemukan pembaruan peringkat kata kunci
  • Meningkatkan SEO situs web
  • Dapat melacak kesuksesan sebuah situs di media sosial
  • Memantau reputasi merek
  • Mempermudah mesin pencari
  • Ramah dan optimal bagi semua pengguna situs

Itu dia beberapa tools yang kami rekomendasikan yang bisa kalian gunakan untuk membantu bisnis kalian dalam digital marketing, tool-tool diatas dapat kalian pelajari lebih lanjut di halaman resmi website nya masing-masing.

Gunakan tools yang sudah tersedia dengan baik dan benar, maka bisnis kalian dipastikan bisa berjalan dengan baik Sekian dari kami Bali Om Design dan terima kasih kepada sumber referensi berikut ini :

Baca juga Keuntungan memiliki website untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda

Nah itulah beberapa tools bisnis digital marketing yang dapat anda gunakan dalam bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *