Tips Website Bisnis Agar Menjadi Lebih Efektif

Tips Website Bisnis Agar Menjadi Lebih Efektif

Tips Website Bisnis – Di era digital seperti sekarang ini, kehadiran di dalam internet merupakan hal yang sangat krusial bagi bisnis atau brand. Kebanyakan calon pelanggan atau pembeli akan melakukan research terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar memutuskan untuk membeli di tempat anda.

Itulah mengapa website berperan sangat penting terhadap bisnis yang anda jalani saat ini. Website bisa menjadi senjata terdepan Anda di dalam dunia internet marketing atau online marketing, sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang bisnis dan produk Anda tanpa harus datang langsung ke tempat anda.

Selain itu, apabila dirancang dan dikelola secara efektif dan sangat baik, website bisa membantu Anda menaikan penjualan. 

Baca Juga Tips Desain Web Bisnis Seperti Profesional

Tips Website Bisnis Agar Lebih Menarik dan Efektif

Website merupakan pilihan yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda saat ini. Website dapat dikatakan sebagai media marketing atau pemasaran yang paling baik untuk memperkenalkan sebuah brand/ branding ataupun produk yang akan anda tawarkan pada konsumen. Penggunaan website untuk kepentingan marketing suatu produk bisa dikatakan lebih efektif dan baik dari segi biaya maupun jangkauan audiens dari para pelanggan anda, dimana jarak atau range dari sebuah promosi yang menggunakan website terbilang cukup luas sekarang ini.

Jika anda hanya membuat dan mempunyai sekedar website saja, maka hal itu belum cukup jika anda tidak membuat website tersebut terkesan menarik dan betah untuk dikunjungi setiap pelanggan atau calon pembeli anda. Sehingga peran website pun menjadi lebih efektif untuk perkembangan bisnis anda kedepannya. 

Berikut ini adalah beberapa tips website bisnis agar website bisnis anda bisa terlihat lebih menarik dan bisa mendatangkan banyak pembeli atau pelanggan.

  1. Navigasi Website Harus Mudah

Jika anda saat ini mempunyai sebuah website untuk bisnis, sebagus apapun isi dari konten website Anda, hal tersebut akan terasa sia-sia jika website sulit digunakan atau dengan kata lain di navigasikan. Yang dimaksud navigasi disini adalah, saat pengguna berada di website, mereka harus mengetahui halaman apa saja yang akan mereka baca atau nikmati, apa yang harus mereka lakukan jika ingin kembali ke halaman utama, halaman contact, atau yang lain sebagainya.

Anda bisa memberikan menu navigasi di bagian atas website dengan sangat jelas dan mudah dilihat oleh pengunjung, lalu berikan maksimal lima tab untuk masing-masing menu tersebut.

Misalnya, jika Anda menjual makanan melalui website, menu navigasi bisa berupa Pedas, Sedang, Manis, dan lain-lain. Kemudian, di bawah menu Pedas, terdapat maksimal lima tab pilihan bisa seperti Kue, Keripik, Snack, Roti, Mie.

Pada setiap halaman yang ingin dibuat, selalu tampilkan menu untuk kembali ke halaman utama atau homepage dari website anda.

  1. Gunakan Domain Yang Friendly

Visibilitas itu sangat penting untuk sebuah website bisnis. Penting untuk anda agar selalu membuat website mudah ditemukan oleh orang lain. Salah satu bagian dari website yang sering disepelekan adalah nama domain dari website bisnis yang dibuat. Anda haruslah memilih nama domain yang singkat dan mudah diingat serta nama domain tersebut juga akan menyampaikan bisnis yang anda buat.

Sedikit rahasia, bila nama domain yang mengandung keyword anda terapkan di domain website anda, hal ini akan memperbesar peluang bagi website bisnis anda untuk ditemukan dalam penelusuran yang relevan dengan produk yang anda tawarkan. Tidak hanya itu, nama brand juga akan membawa banyak manfaat bagi anda kedepannya.

Itulah mengapa visibilitas sangat penting untuk website bisnis anda karena dapat menarik pelanggan dengan lebih mudah dan cepat.

Anda bisa memilih nama domain yang tepat untuk meningkatkan visibilitas dari website bisnis anda. Cobalah untuk menggunakan nama URL yang singkat dan mudah diingat. Maka hal tersebut akan membantu meningkatkan peluang website anda menjangkau target audiens yang lebih banyak dan lebih luas lagi.

  1. Coba Ceritakan Bisnis Anda

Saat ini banyak pelanggan yang menginginkan nilai perusahaan yang mereka inginkan, juga sesuai dengan nilai mereka.

Supaya calon pelanggan memahami nilai bisnis yang anda jalani saat ini, maka anda perlu menceritakan produk apa yang anda tawarkan, apa yang ada dibalik layar pembuatan produk anda, atau bagaimana layanan yang ada dalam bisnis anda bisa membantu orang lain.

Cerita dari hal-hal tersebut diharapkan akan dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih dalam antara anda dengan para pengunjung maupun pembeli.

Berbagi cerita tentang bagaimana bisnis anda dibangun, memperkenalkan tim, dan menampilkan foto atau video adalah cara efektif untuk mempromosikan nilai-nilai bisnis anda kepada calon pembeli melalui website.

Anda bisa menjadikan visi dan misi yang utama dalam sebuah website. Hal itu akan membantu anda untuk menarik pelanggan-pelanggan baru dengan lebih baik lagi kedepannya.

  1. Waktu Loading Website Tidak Boleh Lama

Hal ini dampaknya sangat krusial bagi website anda. Apa yang biasanya Anda lakukan saat website yang Anda kunjungi memiliki waktu loading terlalu lama atau bahkan sampai tidak bisa dibuka saking lamanya? Pasti Anda akan langsung menutupnya dan beralih ke website lain karena akan sangat lama dan menyebalkan.

Jadi, usahakan agar website Anda loadingnya tidak terlalu lama ketika diakses. Ini disebut juga dengan page speed dalam website. Anda bisa melakukan optimasi dengan cara software website Anda selalu update, optimalkan konten visual agar lebih cepat muncul dengan cara menggunakan gambar-gambar yang berukuran kecil. 

  1. Anda Bisa Membuat Pelanggan Percaya Dengan Testimoni

Tips berikutnya adalh anda bisa membuat calon pelanggan percaya pada kualitas bisnis anda karena ini adalah bagian terpenting dari mempromosikan produk atau layanan secara online saat ini. Anda bisa coba tunjukkan kepada pelanggan baru bahwa mereka akan terbantu dengan produk atau layanan yang anda tawarkan.

Hal ini sangat penting untuk produk dan layanan baru atau bisnis yang bekerja di industri yang sedang berkembang dan baru berjalan. Cara efektif untuk menciptakan kepercayaan ini adalah dengan menampilkan testimoni dari pelanggan dengan hasil yang positif.

Tunjukan pada calon pelanggan bahwa orang lain mempercayai produk atau layanan bisnis anda dan memenuhi kriteria yang mereka cari-cari.

Anda bisa menambahkan testimoni karena akan membantu membangun kepercayaan.

  1. Mobile Responsive

Penggunaan smartphone untuk berbelanja online memang sudah menjadi hal yang wajar saat ini. Hal ini merupakan peluang untuk Anda dalam menghasilkan penjualan yang lebih baik lagi kedepannya.

Oleh karena itu, pastikan website Anda mobile responsive dan ramah diakses oleh para pengguna mobile atau smartphone. Ketika dibuka di perangkat mobile, tampilan website anda harus bisa rapi dan tidak berantakan sama seperti ketika dibuka pada komputer atau laptop.

  1. Tombol CTA Harus Jelas

Tips terakhir dan penting untuk diingat kembali bahwa website berperan sebagai media untuk menjual produk yang anda tawarkan. Jadi pastikan jangan ragu-ragu untuk berjualan dan cantumkan call-to-action (CTA) di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh para pembeli atau pelanggan anda. Jika anda belum mengetahui CTA, anda bisa membacanya disini terlebih dahulu.

Anda bisa menaruh CTA misalnya, di bagian tengah halaman ketika website sedang loading atau diletakan di bagian atas menu website anda. Berikan CTA yang sifatnya menggerakan pelanggan untuk tertarik terhadap website anda.

Kesimpulan

Itulah tadi tips website bisnis yang bisa anda coba untuk terapkan di website  yang anda punya. Mudah ditemukan dan navigasi website yang baik akan membantu anda menarik dan mempertahankan pelanggan yang anda miliki saat ini.

Dengan cerita dan testimoni pelanggan secara lengkap diharapkan dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan pengunjung website anda.

Banyak cara yang bisa anda manfaatkan agar tingkat penjualan anda bisa naik dan berhasil maksimal.

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *