Tips Desain Web Bisnis Seperti Profesional

Tips Desain Web Bisnis Seperti Profesional

Tips Desain Web Bisnis – Setiap usaha bisnis baik itu besar atau kecil, membutuhkan sebuah website profesional yang dapat membantu memasarkan websitenya. Namun, pengelolaan website dapat sangat mengintimidasi bagi pebisnis yang belum pernah menggunakan website atau yang tidak paham apa-apa mengenai website. Website dapat menjadi salah satu elemen terpenting dalam bisnis anda, dapat membantu membangun kepercayaan di antara klien, atau malah membuang calon pelanggan. 

Untuk membuat sebuah situs web bisnis skala kecil bisa menjadi salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh pemilik bisnis kecil. Tugas menjadi semakin sulit karena opsinya tidak terbatas dan biayanya dapat bertambah dari satu ujung skala ke ujung lainnya tanpa Anda dapat bisa membuatnya menjadi lebih baik. Fokus dari perancang situs web profesional haruslah membuat situs web yang dapat mengarahkan trafik website yang lebih bermakna dan relevan ke bisnis Anda, menghasilkan lebih banyak prospek, dan meminimalkan masalah yang mungkin dihadapi pengguna di seluruh dunia.

Jika kalian ingin membuat sebuah website untuk bisnis tetapi saat ini sedang kehabisan ide, anda dapat melihat artikel mengenai tips desain web bisnis berikut ini.

Baca Juga Tips Desain Blog Agar Terlihat Lebih Menarik

Tips Desain Web Bisnis Untuk Anda

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika ingin membuat sebuah website bisnis baik itu kecil maupun menengah.

  1. Gunakan Domain Mudah Diingat

Tips desain web bisnis pertama yang harus anda perhatikan agar pembuatan situs web bisnis anda efektif adalah dengan membuat nama domain yang mudah ditemukan serta mudah diingat-ingat di kepala para konsumen yang sekiranya memudahkan mereka nantinya.

Selain mudah diingat konsumen, situs web sebaiknya mudah dicari di mesin pencari. Terutama di mesin pencarian google. Domain yang akan anda putuskan untuk anda pakai, sebaiknya mewakili usaha bisnis yang telah anda rintis dan jalankan.

  1. Buat Website Anda Responsif

Setelah Google mengumumkan indeks yang memprioritaskan pada tampilan mobile, Anda akan sangat kesusahan jika situs web bisnis kecil Anda tidak responsif di semua perangkat khususnya mobile. Ini berarti bahwa situs Anda akan beradaptasi dan mengatur ulang saat dilihat di perangkat mobile. Namun hal itu tidak akan membuat situs web Anda ramah pada tampilan mobile atau responsif. Anda harus memastikan bahwa situs web Anda memberikan pengalaman yang ramah pengguna di semua perangkat untuk memaksimalkan situs web anda.

  1. Website Anda Harus Mudah Ditemukan Google

Website yang tidak berantakan, konten yang jelas, URL yang tepat, sitemap, dan kata kunci yang relevan akan memungkinkan mesin pencari seperti Google untuk mengindeks website bisnis Anda dengan mudah dan cepat. Desain website untuk bisnis harus mencakup setidaknya SEO dasar. Sangat penting untuk menjadikan website anda SEO friendly untuk mempermudah Google dalam mengindeks-nya.

  1. Prospek Harus Banyak Masuk

Salah satu fungsi terpenting dari situs web bisnis kecil maupun besar adalah fokus pada prospek masuk dan dapat menangkapnya sebanyak mungkin. Biasanya sebelum membeli suatu produk orang suka melakukan penelitian awal dan perbandingan, dan mungkin belum siap untuk langsung membeli pada saat itu juga. Mereka biasanya mencari perbandingan dari tempat-tempat lain baru kemudian memutuskan apakah akan membeli barang tersebut atau tidak. Ketika hal ini terjadi, ini harus digunakan untuk mendapatkan alamat email mereka sehingga Anda dapat terus memberi informasi dan mengukur kapan mereka siap untuk membeli produk anda. Namun, Anda harus menghindari terlalu memaksa karena ini dapat mengganggu calon pelanggan.

  1. Detail Kontak Mudah Terlihat

Ini mungkin tampak seperti hal yang kurang jelas untuk diperhatikan, tetapi hal ini haruslah diperhatikan dan bukannya malah perusahaan desain situs web bisnis kecil cenderung mengabaikan faktor ini sesekali atau berkali-kali. Nomor telepon dan alamat email Anda harus ditampilkan secara mencolok di situs web dan, jika memungkinkan, di bagian atas dan bawah setiap halaman. Buat halaman ‘KONTAK’ di bagian akhir yang tidak hanya menyertakan nomor kontak tetapi juga alamat email, alamat fisik perusahaan, dan peta lokasi, bersama dengan petunjuk arah ke dan jam operasi perusahaan Anda agar calon pelanggan tidak bingung ketika mengunjungi website anda.

  1. Buat Halaman Website Rapi

Untuk membuat situs web bisnis yang efektif, hal yang harus anda perhatikan adalah dengan mendesain situs web bisnismu agar tetap enak dilihat oleh mata dan tidak berantakan.

Seimbangkan antara gambar-gambar yang telah anda pasang, dengan bentuk font yang sudah anda pilih. Ketika menggunakan font juga perlu perhatikan font yang dipilih, jangan sampai font tadi susah dibaca oleh pengunjung website anda, hal itu akan membuat mereka merasa tidak betah dan tidak ingin membeli produk anda.

Kemudian, anda tak perlu menampung segala informasi bisnis anda di tampilan web karena halamannya akan sangat lama untuk di load. Biasanya ini pengaruh dari template yang telah dipilih.

Jadi, pilihlah template yang terlihat sederhana tapi tetap elegan. anda juga tak perlu memasang banyak widget yang tak ada hubungannya sama sekali dengan produk usaha bisnismu.

  1. Produk atau Layanan Anda Haruslah Terlihat Jelas

Beberapa desain website bisnis tidak dapat menampilkan produk mereka secara efektif atau menunjukkan terlalu banyak produk dan layanan pada satu halaman kemudian mereka mengabaikannya. Ingat bahwa Anda hanya memiliki beberapa detik untuk memenangkan atau kehilangan pelanggan yang berpotensi membeli produk anda. Jadi pastikan kesan pertama adalah profesional. Jika Anda adalah perusahaan yang menjual produk secara online, maka foto produk, gambar, dan deskripsi harus jernih dan tepat sehingga mudah dilihat ataupun di baca. Jika Anda memiliki desain situs web yang bagus tetapi produk Anda belum ditampilkan dengan baik, pelanggan Anda akan berpikir dua kali sebelum membeli produk di web anda.

  1. Konten Yang Berkualitas

Tips desain web bisnis yang terakhir adalah mengenai relevansi konten di website bisnis Anda. Konten memainkan peran utama dalam mendapatkan terindeks pada mesin pencari khususnya google. Semakin kualitatif dan kuantitatif konten Anda, semakin mudah bagi mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks website bisnis Anda. Konten yang buruk atau tidak relevan juga merupakan pengubah permainan saat menarik atau memadamkan pemirsa. Judulnya adalah di mana Anda perlu membayar perhatian ekstra karena ini akan menentukan perbedaan antara pengunjung yang meninggalkan situs Anda atau melanjutkan lebih lanjut untuk menelusuri sisanya.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *