Tips Desain Poster Bagi Anak Desain Grafis

Tips Desain Poster Bagi Anak Desain Grafis

Tips Desain Poster – Meskipun perkembangan teknologi secara perlahan mulai menggerus kehadiran media cetak, namun keberadaan poster sampai saat ini masih dijadikan sebagai media pemasaran maupun promosi yang sebenarnya cukup berguna dan cukup ampuh. Ketika berencana untuk membuat poster, pastikan desain yang anda buat unik agar mudah menarik perhatian dan diingat oleh masyarakat luas maupun orang-orang yang sekedar melihat poster anda bertebaran. Namun, terkadang dalam pembuatan poster, Anda pasti sering kehabisan ide atau merasa bingung bagaimana mendesain poster yang sekiranya eye catching atau dapat menarik perhatian. Berikut adalah beberapa tips membuat desain poster yang sekiranya bisa anda terapkan untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga Tips Desain Web Bisnis Seperti Profesional

Berbagai Tips Desain Poster

Poster yang baik tidak hanya memiliki desain yang kreatif, tapi juga informatif. Mempromosikan bisnis atau acara tidak akan lengkap tanpa menyebar poster ke khalayak umum, baik secara offline maupun online. Poster sejatinya dianggap sebagai media yang ampuh untuk menarik perhatian pelanggan. 

Ketika proses mendesain poster, menjadi kreatif itu sangat penting, tapi anda juga haruslah tetap menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi orang yang melihat poster anda.

  1. Gampang dilihat dan dibaca dari jauh

Tips dari pembuatan desain poster yang pertama adalah pastikan bahwa poster anda tersebut dapat dibaca dari kejauhan dengan mudah. Agar mendapatkan poster yang mudah dibaca dari kejauhan, pastikan kembali bahwa poster Anda memiliki tiga komponen utama yang sekiranya harus ada di dalam poster tersebut, yakni headline untuk teks utama dan harus jadi yang terbesar dalam poster karena itu akan menjadi hal pertama yang diperhatikan oleh orang lain, kemudian yang kedua adalah berbagai rincian informasi yang ingin anda sampaikan, dan terakhir adalah penjelasan menarik dari event atau promosi tersebut. 

Anda juga dapat memilih jenis huruf yang mudah dibaca dan mudah menarik perhatian masyarakat, jangan sampai anda menggunakan jenis huruf yang membuat orang kesulitan melihatnya dari jauh karena bentuk huruf yang tidak terlihat dengan jelas. Berikan informasi secara ringkas dan usahakan bedakan warna pada setiap komponen untuk memfokuskan poin mana yang ingin menjadi bagian utamanya.

  1. Kontras pada poster

Jika anda memiliki tujuan untuk menarik perhatian seseorang, penggunaan kontras yang tinggi antara elemen dalam poster sekiranya dapat membantu Anda dalam melakukannya. Anda jangan meninggalkan beberapa warna yang monoton serta gradien yang pucat karena itu kesannya akan tidak bagus bila dilihat oleh orang lain. Anda sangat disarankan untuk memilih warna-warna dengan kontras yang lebih cerah dan tidak bertabrakan warnanya dengan elemen-elemen di dalam poster anda nantinya. 

Pikirkan pula penggunaan warna background penuh agar membuat poster Anda menonjol dari segi penggunaan warna dibandingkan poster yang lainnya. Jika dalam pemilihan warna poster anda kesulitan menentukan apa yang cocok, anda dapat mencoba menyesuaikan dengan tema dari poster anda. Dan untuk warna komponen lainnya bisa anda sesuaikan dengan melihat topologi warna yang selaras satu sama lain.

  1. Jarak atau ruang kosong elemen poster

Jarak atau ruang kosong pada poster biasa disebut juga dengan white space, yakni ruang kosong antara desain layout pada sebuah halaman desain. Menyediakan white space merupakan cara membuat poster yang tepat jika anda ingin membuat desain poster yang mudah dibaca oleh orang lain dan tentu saja dapat menarik perhatian orang lain. Jika ingin memanfaatkan white space, ada beberapa tempat yang cocok diberikan white space, yaitu:

  • Di antara setiap huruf
  • Terletak di antara baris teks
  • Antara berbagai jenis elemen, seperti gambar dan teks
  • Di sekitar margin kanvas
  1. Foto pada poster

Jika anda ingin membuat desain poster, poster yang menonjolkan foto atau menjadikan foto menjadi background dapat menjadi salah satu tips desain poster bagi anda. Mata manusia terbiasa dengan bentuk nyata, oleh karena itu poster yang menggunakan foto asli lebih mudah ditebak tujuan dan maksud dari poster tersebut. Anda dianjurkan untuk memilih foto yang dapat memaksimalkan ruang dalam desain visual poster anda. 

Ketika anda menggunakan foto sebagai latar background atau separuh dari desain anda, perlu diperhatikan bahwa untuk font dan warna fontnya harus dapat lebih terang daripada fotonya, misal foto anda dominan warna putih, anda jangan menggunakan warna font yang sekiranya mirip seperti putih atau abu , gunakan warna berlawanan seperti hitam ataupun biru tua.

  1. Lokasi penempatan

Selain warna dan jenis tulisan yang digunakan, anda juga harus memperhatikan ukuran dan lokasi penempatan poster tersebut agar penempatannya sesuai dan tidak sia-sia. Sebagai contoh, jika poster Anda akan digantung di sebuah tembok berwarna gelap, gunakan poster yang memiliki warna menonjol agar terkesan menarik. Pilihlah warna-warna kontras agar desain poster Anda tidak menyatu dengan lingkungan sekitarnya. Meskipun hal ini itu termasuk faktor eksternal, tetapi hal ini sangat penting untuk menarik perhatian seseorang terhadap poster milik Anda.

  1. Layouting

Penting bagi anda untuk membuat poster yang bisa diubah-ubah ukurannya untuk berbagai tempat dan media untuk menyebarkannya. Misalnya anda ingin membuat poster yang dapat dibagikan juga di media sosial, pastinya ukuran yang sesuai dan tepat agar dapat dibagikan di setiap media sosial akan berbeda-beda, oleh sebab itu pastikan poster anda dalam proses layouting tidak salah dan bisa diubah sesuai kebutuhan namun tetap memuat info dalam poster tersebut.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa tips desain poster yang bisa anda terapkan. Pada dasarnya, ketika anda mendesain sebuah poster, banner, atau media promosi yang lainnya, hampir mirip dalam menerapkan ide desainnya.

Semua itu kembali lagi kepada anda sebagai desainer bagaimana cara yang tepat agar dapat menarik perhatian pelanggan yang melihat desain anda. Selalu ikuti perkembangan trend desain saat ini ataupun yang akan datang, tujuannya agar anda tidak ketinggalan dan selalu up to date mengenai desain di era digital ini.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *