Tantangan Bagi Web Designer Yang Perlu Untuk Diketahui

Tantangan Bagi Web Designer Yang Perlu Untuk Diketahui

Tantangan Bagi Web Designer – Membuat desain Website adalah bukan tugas yang mudah. Dibutuhkan kreativitas, ketelitian dan ide untuk mendesain web yang bagus. Seorang pengembang web harus menghadapi berbagai tantangan untuk dapat menghasilkan hasil karya supaya dapat mencapai target pasar yang diinginkan. Memberikan kemudahan bagi pengguna, menyesuaikan tampilan dengan berbagai perangkat dan integrasi dengan aplikasi berbeda adalah beberapa hal yang harus selalu diperhatikan bagi seorang pengembang web.

Menjadi seorang web designer sama seperti menjadi seorang professional problem solver. Setiap hari Anda menghadapi kendala dan tantangan bagi web designer yang sangat berbeda dalam menjalani tugas Anda sehari-hari, dan tugas kita adalah menemukan teknik untuk menuntaskan masalah tersebut. Apakah Anda menyelesaikan permasalahan dengan sangat anggun atau selalu mampu perbaikan dengan cepat dan simpel tergantung pada ukuran masalah dan jumlah waktu Anda dalam memperbaikinya?

Baca Juga Cara Mengelola Website Agar Pengunjung Tidak Lari

Artikel ini akan membahas beberapa tantangan bagi web designer yang pasti akan dihadapi nantinya :

1. User Experience ( UX )

Kadang-kadang disebut juga dengan User Journey, seorang web designer harus mengingat pengalaman selama siklus pengembangan. Ini biasanya berarti menciptakan produk tahap akhir (situs web) mempermudah ketika diuntukkan, sementara itu tetap powerful dan melakukan segala sesuatu yang diperlukan user. Terkadang terdapat kompromi antara manfaat dan fitur, dan biasanya berarti kita butuh memikirkan kembali bagaimana cara kita mendekati masalah.

User Experience
Source : https://dotugo.com/images/UX.jpg

Memahami kebiasaan pengunjung bukanlah hal mudah, setiap pengunjung memiliki kebiasaan yang berbeda. Bahkan ada sebagian pengunjung yang tidak memahami setiap komponen yang ada pada website seperti tidak bisa membedakan apakah ini sebuah tombol yang bisa diklik atau bukan. Riset ini butuh waktu yang lama, Anda harus mengujicoba pada banyak orang untuk bisa mendapatkan kesimpulan.

2. Standar Web Terbaru

Web terus berubah, dan hal tersebut bagus sekali. Namun berarti Anda sebagai seorang web designer, Web harus tetap mengekor dan mengikuti dalam Standar Web, dan biasanya kita harus berada di depan kurva dan mengetahui hal apa yang akan terjadi. Misalnya, mengetahui spesifikasi baru untuk pembayaran web yang saat ini dalam konsep W3 Working Group – yang menciptakan Standar Web.

Web standard
Source : https://bedford-computing.co.uk/learning/wp-content/uploads/2015/09/web-standards2.jpg

Mengetahui kapan harus menggunakan Standar Web Kami tidak hanya memahami tentang Standar Web baru ini, namun kami pun harus tahu kapan menggunakannya. Misalnya, ada teknik baru untuk memposisikan blok pada halaman yang memungkinkan untuk bekerja dengan lebih baik, Flexbox. Tetapi kami harus menantikan semua browser utama untuk mendukungnya sebelum kami bisa menggunakannya di situs web kami.

3. Integration

Sebuah website harus memiliki integrasi dengan aplikasi pihak ketiga, contohnya seperti Google Maps, social media dan lainnya. Selain itu, Kita juga diharapkan mampu menyediakan API yang dapat menghasilkan data yang dapat diintegrasikan pada aplikasi mobile atau seluler.

Tantangan Bagi Web Designer - Integration
Source : https://smartdecordesign.com/wp-content/uploads/2020/03/sub-heading-API.png

4. Accessibility

Pengembang web harus memastikan website bisa dengan mudah diakses oleh pengunjung. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. Ini adalah tantangan terbesar bukan? Dan membutuhkan riset yang panjang pastinya. Cobalah untuk mencari dari berbagai sumber bagaimana website itu dapat diakses dengan baik dari berbagai kalangan. Sudah menjadi tugas seorang web designer untuk memberikan visual yang dapat membuat pengunjung dari segala jenis kalangan betah melihat web yang kita buat.

Tantangan Bagi Web Designer - Accessibility
Source : https://www.crestdatasys.com/wp-content/uploads/2019/12/web-accessibility-blog-banner.jpg

5. Responsive

Menyesuaikan tampilan web dengan berbagai perangkat mulai dari handphone, tablet ataupun PC. Dahulu mendesain website hanya difokuskan pada satu ukuran layar, tapi dengan berkembangnya teknologi mobile, ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengembang web. Website yang dibuat tidak hanya dapat diakses oleh pengguna mobile, tapi juga tampilannya disesuaikan sesuai dengan ukuran layar mereka masing-masing.

Tantangan Bagi Web Designer - Responsive
Source : https://techcrunch.com/wp-content/uploads/2018/03/tnp-1024×683.png?w=730&crop=1

6. Security (Keamanan)

Masalah keamanan bukan hanya dilakukan pada server, tapi juga ada pada sistem yang Kita bangun. Tidak ada yang menjamin sistem 100% aman dari gangguan / serangan, sehingga backup secara rutin harus dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak Kita duga.

Tantangan Bagi Web Designer- Security
Source : https://www.cheapwebdesign.co.uk/wp-content/uploads/2019/01/secure-your-website-increase-security.jpg

7. Speed (Kecepatan)

Memastikan website lebih cepat diakses adalah merupakan tantangan yang tidak kalah penting, pastikan pengunjung Anda tidak kesal dan meninggalkan web Anda karena halaman yang diinginkan tidak kunjung tampil. Pastikan penggunaan plugin, script, gambar yang tepat dalam membangun web. Masalah koneksi server dan banyaknya jumlah pengunjung menjadi momok yang menakutkan bagi pengembang web.

Web Speed
Source : https://www.nic.lat/wp-content/uploads/2019/01/website-Speed.png

8. Retention

Membuat pengunjung ingin datang kembali ke website Anda bukanlah hal mudah, pastikan Anda menyajikan konten yang bermanfaat, desain yang nyaman untuk membuatnya bisa kembali lagi berkunjung. Anda harus memaksimalkan konten atau design web yang anda buat, jangan sampai pengunjung anda cepat bosan ketika berada di dalam website anda. Buat pengunjung itu merasa betah dengan tampilan dan konten-konten yang anda sajikan di dalam website yang anda buat.

Retention
Source : https://image.freepik.com/vetores-gratis/conceito-de-atracao-do-cliente-mao-com-ima-atrair_277904-3533.jpg

9. UI (User Interface )
Seorang web designer juga harus memperhatikan bagian UI / User Interface, web designer harus dapat memberikan kesan yang memukau di mata audiens dengan UI yang menarik. Jangan sampai pengunjung website anda saat pertama kali membuka website malah tidak senang dengan tampilan interface dari web yang anda design. Anda harus dapat memberikan design yang membuat para pengunjung website anda betah untuk berada di website itu.

UI Design
Source : https://www.advotisa.com/wp-content/uploads/2019/04/ui-design-development-concept_.jpg

Itulah beberapa tantangan bagi web designer yang sekiranya akan anda hadapi nanti jika ingin menjadi seorang web designer handal dan profesional. Sebagai seorang web designer, haruslah dapat mengatasi masalah tersebut sehingga tidak menghambat kita dalam membuat design sebuah website.

Sumber Referensi : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *