Perbedaan UI dan UX Yang Perlu Kalian Ketahui

Perbedaan UI dan UX Yang Perlu Kalian Ketahui

Perbedaan UI dan UX – Pada saat berbisnis atau yang lainnya, peran marketing memang sangat berpengaruh. Di era yang serba modern ini, hampir seluruh perusahaan menerapkan strategi digital marketing. Apabila Anda berkecimpung dalam dunia tersebut, maka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya UI dan UX. Banyak orang yang masih bingung terkait dengan perbedaan UI dan UX.

Desain UI dan UX adalah dua pekerjaan yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya memegang peran penting dalam pengembangan produk. Desain UI dan UX juga akan menentukan apakah produk yang dihasilkan bisa digunakan oleh pengguna dengan mudah. Kemudahan menggunakan produk akan menambah kepuasan pelanggan yang menggunakan produk tersebut. Desain UI dan UX berbeda tidak hanya secara teori, namun proses desain UI dan UX itu sendiri juga berbeda. Lalu apa saja perbedaan UI dan UX tersebut ?

Baca Juga Manfaat Website Responsive Bagi Pengelola Website

Pengertian UI ( User Interface )

User Interface atau UI adalah sebuah cara atau hal apapun yang dapat berinteraksi dengan pengguna untuk menggunakan produk atau layanan digital. UI merupakan bagian visual dari website ataupun aplikasi yang dapat berupa teks box, radio button, drop-down list, dan komponen lain yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam sistem perusahaan.

perbedaan ui dan ux
Source : https://digimind.id/wp-content/uploads/image1.jpg

Dalam Teknologi Informasi, Desain UI mengacu pada desain antarmuka pengguna untuk perangkat lunak, situs web atau aplikasi. Penggunaan UI dengan maksud untuk memfasilitasi kegunaan dan untuk meningkatkan User Experience.

Dalam desain website, User interface yang baik sangat penting karena dapat mengubah pengunjung potensial menjadi pembeli karena memfasilitasi interaksi antara pengguna dan situs web atau aplikasi web anda.

Interface adalah sebuah titik di mana pengguna dapat berinteraksi dengan website yang mereka gunakan. Desain UI yang baik menghadirkan perpaduan sempurna antara desain visual, desain interaksi, dan arsitektur informasi :

  • Desain visual adalah cara meningkatkan nilai ornamen sebuah website dengan mengimplementasikan elemen-elemen secara strategis seperti font, warna, dan gambar. Desain visual berfungsi untuk membuat halaman menjadi lebih elegan tanpa harus mengurangi fungsi atau konten yang ada.
  • Desain interaktif adalah sebuah cara untuk melihat bagaimana seorang pengguna berinteraksi dengan teknologi dan menerapkan hasil menganalisa interaksi pengguna ke dalam desain web. Selain itu, Desain interaktif berfungsi untuk menemukan cara-cara baru di mana sistem berinteraksi dan merespons pengguna.
  • Arsitektur Informasi adalah perancangan desain untuk membantu pengguna menemukan info mengenai kebutuhan mereka. Dalam hal ini melibatkan pelabelan, penataan, dan pengorganisasian konten web dengan cara yang membuatnya mudah diakses dan berkelanjutan.

Pengertian UX ( User Experience )

Umumnya dalam setiap penggunaan aplikasi jenis apa saja, yang menjadi perhatian utama adalah tentang penggunaan sistem aplikasi tersebut. Anda pasti menilai mulai dari daya guna serta tampilannya. Penggunaan yang mudah tentunya membuat Anda semakin tertarik.

Hasil gambar untuk User experience
Source : 99Designs

UX atau user experience lebih berhubungan kepada tingkat kepuasan dari pengguna. Tentu saja hal ini berbeda sekali dari UI. UX memang perlu dikembangkan dan selalu mengalami perkembangan dengan cepat. Pasalnya, UX inilah yang akan menjadi daya tarik seorang pelanggan. Berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan, para pengembang berusaha meningkatkan kualitas dari suatu sistem yang dibuat.

Hal tersebut dimaksudkan agar sebuah sistem tidak hanya unik dan menarik, namun juga memiliki kualitas. Sistem yang memiliki kualitas adalah sistem yang bisa digunakan dengan mudah dan memiliki tingkat kontrol yang baik. Apabila suatu sistem dapat digunakan dengan mudah kemudian memiliki tampilan yang menarik, maka sistem tersebut akan sering digunakan.

Perbedaan UI dan UX itu sangat mencolok. Mulai dari proses pembuatan hingga proses pengembangannya. Bisa dibilang UX itu merupakan suatu proses pengembangan kualitas penggunaan dari UI. UI yang sangat canggih harus diimbangi dengan UX agar melahirkan daya guna yang baik.

Perbedaan UI dan UX 

User Experience adalah cara aplikasi bekerja dan memberikan respons yang diperlukan yang diharapkan orang saat berinteraksi dengannya. Cukup berbeda dengan User interface, dimana user interface berfokus pada elemen visual yang ada.

Desain UX yang baik dan terpenting adalah kompatibilitas yang baik dengan berbagai gadget yang berbeda, Seperti ukuran layar, resolusi yang berbeda, dll. Sedangkan dalam Desain UI yang baik yaitu menghadirkan perpaduan sempurna antara desain visual, desain interaksi, dan arsitektur informasi

User Experience terdiri dari serangkaian berbagai faktor, seperti pengkodean dan pengujian untuk kompatibilitas dengan tingkat kemudahan dan kenyamanan yang dirasakan pengguna saat menggunakan aplikasi.

UI atau user interface merupakan suatu sistem yang lebih mengharap kepada peningkatan tampilan antarmuka dari sistem. Tampilan antar muka tentu saja meliputi banyak komponen. Mulai dari tema yang digunakan, tata letak yang di terapkan, hingga tampilan visual dari suatu desain. UI lebih kepada penampilan. Tampilan yang baik akan membuat para pengguna tertarik.

Sedangkan UX atau user experience, lebih kepada kebutuhan yang dimiliki oleh user. Tampilan dari suatu sistem memang sangat penting. Namun, sebagus apapun tampilan antar muka yang dihasilkan atau berhasil dikembangkan, jika pada saat penggunaan atau pengoperasian nya membuat bingung, tentu saja sistem tersebut tidak akan dilirik.

Setelah mengetahui perbedaan UI dan UX, tentunya Anda akan semakin tahu bahwa kedua hal tersebut harus sama-sama diterapkan dalam pengembangan suatu sistem. UI yang menawan dan epic harus di imbangi dengan UX yang  bagus pula. Hal tersebut yang akan menarik minat para pelanggan dalam menggunakan sistem.

Dalam proses pengembangan suatu sistem sebagai upaya untuk menghasilkan sistem yang bagus maka UI perlu dikembangkan sedemikian rupa. Nyatanya bukan hanya UI yang berperan penting, UX juga tidak kalah penting. Setelah mengetahui apa perbedaan dari UI dan UX? Tentunya Anda bisa memahami terkait dengan keduanya.

Sumber Referensi : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *