Penyebab Website Lemot Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Website Lemot Dan Cara Mengatasinya

Penyebab website lemot itu sangat beragam, mulai dari masalah server, kapasitas penyimpanan pada database, overload data, dll. Karena website yang lemot, banyak sekali yang akan terganggu dari pekerjaan Anda, mulai dari produktivitas, pemasukan bahkan kesuksesan yang tak kunjung datang. 

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin terlalu mempercayakan website Anda kepada developer, begitu juga sebaliknya, developer kadang tidak memikirkan perkembangan bisnis kliennya selama pemilik bisnis tidak melakukan komplain. Maka dari itu, diperlukan penanganan dan penelitian penyebab kenapa website Anda lemot! Beberapa penilaian website yang dikatakn cepat dan lemot mempunyai kriteria seperti berikut:

  • Dibawah 1 detik = Sempurna
  • 1-3 detik = Diatas Rata-Rata
  • 3-7 detik = Rata-Rata
  • 7 detik keatas = Lambat

Mari tes website atau blog yang Anda miliki terlebih dahulu, berapa kecepatan yang dibutuhkan untuk mengakses website Anda secara penuh. Bila terdeteksi Very poor, maka penyebab web lemot Anda ada beberapa alasan, beberapa penyebabnya antara lain:

Cara Mengecek Kecepatan Website

Jika anda ingin mengetahui cara tercepat untuk mengecek kecepatan dari website yang anda punya, anda bisa menggunakan jasa Google Page SpeedInsight. Yang harus anda lakukan pertama adalah, buka situs Google Page SpeedInsight.

Jika sudah membuka websitenya, coba anda masukan website yang anda punya pada kolom pencarian Google Page SpeedInsight.

Google Page Speed Insight

Pada contoh diatas, kami menggunakan website kami baliomdesign untuk melakukan testing kecepatan loading website nya. Website kami mendapat skor 76 yang menandakan bahwa kecepatan website kami berada di nilai rata-rata.

  • 0 s/d 49 ( Menandakan website lemot )
  • 50 s/d 89 ( Menandakan website di kecepatan rata-rata )
  • 90 s/d 100 ( Menandakan website cepat )

Untuk melihat detail lebih jelasnya, anda bisa melihat keseluruhan hasil dari analisa kecepatan website anda di Google Speed PageInsight tersebut.

Selain menggunakan Google Speed PageInsight, anda juga bisa menggunakan GTmetrix. Pada dasarnya GTmetrix ini sama dengan Google Speed PageInsight yang berfungsi untuk megecek kecepatan sebuah halaman pada website, tapi ada beberapa menu yang berbeda.

Buka website Gtmetrix, seperti biasa masukan url website anda di kolom pencarian websitenya. Dan tunggu hasil dari analisa website anda.

GTMetrix

Ketika menggunakan GTmetrix, website baliomdesign mendapatkan nilai B yang menandakan bahwa kecepatan website kami berada di nilai yang cukup baik dari segi loading websitenya. Keterangan nilai di GTmetrix bisa melihatnya sebagai berikut :

Grade GTMetrix

Perlu diingat bahwa Google Speed PageInsight dan GTmetrix hanya melakukan analisa pada halaman website anda, bukan keseluruhan isi dari website anda. Jadi jika anda ingin mengetahui keseluruhan analisa pada website anda, silahkan melakukan analisa pada halaman website yang anda punya satu persatu. 

Penyebab Website Lemot

Jika website kalian mendapatkan nilai F ( Merah ) kemungkinan di bawah ini ada Penyebab Website Lemot yang bisa kalian simak dan segera melakukan penanganan.

1. Performa Server Lemah

Kualitas server adalah salah satu yang membuat jengkel banyak developer dan pemilik bisnis, dan merupakan penyebab web lemot yang sulit di maintenance. Kita sudah terlanjur membayar dengan nominal rupiah yang mahal untuk berlangganan hosting pada penyedia selama hitungan tahun, namun kita mendapat pelayanan server hosting lemah, rasanya kita akan terjebak selama satu tahun dalam kelemotan. Beberapa yang perlu diperhatikan saat memilih penyedia hosting adalah, spesifikasi RAM dan Prosesor yang digunakan oleh penyedia hosting. Bila penyedia hosting menggunakan RAM dan prosesor dengan spesifikasi rendah, kemungkinan itu akan menjadi penyebab web lemot.

Jadi saran kami ketika anda ingin menghosting website yang anda miliki, sebaiknya cari tau terlebih dahulu tempat anda akan membeli hosting, mulai dari spesifikasinya, kecepatan servernya,dll. Pastikan semua itu cukup baik bila anda sudah menghosting website anda nantinya.

2. Share Hosting Terlalu Penuh

Saat berlangganan hosting, Anda akan mendapat layanan berbagi tempat server dengan beberapa website yang juga berlangganan pada penyedia hosting Anda. Bila penyedia hosting Anda ‘bengis’ memaksakan Anda untuk berada di server yang mempunyai penghuni website-website dengan traffic yang cukup ramai bisa dipastikan itu penyebab web lemot saat diakses! Ibaratnya sebuah ruko satu lantai adalah sebuah server, dan lapak adalah website. Bila dalam satu ruko banyak lapak yang berjualan disana, tentu saja pengunjung akan berdesakan dan mengganggu transaksi Anda! Tidak menutup kemungkinan server hosting bisa down dan website Anda tidak bisa diakses sama sekali. 

Maka dari itu, saran kami perhatikan kapasitas bisnis pada website Anda dahulu sebelum memilih server hosting. Pilihlah server hosting yang mempunyai kapasitas besar dan mampu menampung pengunjung website Anda yang banyak tanpa terganggu website lain! Bagaimana sudah terbayang penyebab web lemot Anda?

3. Lokasi Server Hosting

Jarak dari lokasi tempat penyedia hosting Anda juga mempengaruhi kecepatan website Anda untuk di akses. Seperti bila Anda berlangganan pada penyedia hosting yang ada di Amerika, tentunya kecepatan aksesnya akan lebih cepat bila Anda berlangganan hosting di Singapura, lebih-lebih akan semakin maksimal bila Anda menggunakan server yang berada di Indonesia! Maka dari itu, sebaiknya pilih server dari indonesia, namun tidak luput untuk memperhatikan spesifikasi perangkat yang digunakan oleh penyedia layanan seperti pada poin 1. Tetap memilih server lokal namun tetap memperhatikan kualitas adalah solusi sikap saat akan memilih hosting. Jangan ragu untuk mempertanyakan fitur apa saja yang disediakan oleh penyedia hosting saat Anda akan berlangganan disana, karena itu merupakan hak anda ketika anda membayar untuk melakukan sebuah hosting pada website yang anda punya.

4. Koneksi Jaringan

Bila Anda berniat kuat untuk memulai usaha berbasis online, sebaiknya memilih penyedia jaringan Internet yang bagus. Server sudah dibagi-bagi dan punya banyak persoalan yang menghalang kecepatan akses, ditambah dengan koneksi internet Anda yang lemah, dipastikan akan memancing emosi Anda. Mutlak sekali, saat memilih penyedia internet Anda harus menghitung kecepatan internet, dan yang penting juga kecepatan Download dan juga Upload. Kecepatan Upload juga perlu diperhitungkan karena untuk pengelola website kegiatan upload bisa dibilang sangat sering sekali, dan pastinya tidak ingin ada gangguan koneksi saat Upload. Contoh bila Anda memuat sebuah gambar untuk artikel di blog Anda, bila koneksi lemot biasanya sering terjadi gambar tidak dapat dimuat saat di tengah-tengah proses upload. Penyebab web lemot yang satu ini juga tidak dapat disepelekan karena terkait masalah pemilihan penyedia jaringan internet.

5. Kualitas Website 

Selain dari masalah server dan hosting, penyebab website lemot bisa terjadi juga dari website yang kalian punya. Seperti halnya anda menggunakan gambar yang ukuran filenya terlalu besar untuk di tampilkan di website anda, dan juga anda menaruh beberapa video dengan kualitas loading yang sangat lama. Hal ini bisa menjadikan website kalian akan menjadi lemot.

Kami sarankan agar anda sebisa mungkin untuk memperhatikan kualitas gambar dan video agar tidak terlalu besar namun kualitasnya tetap bagus, kalian bisa menggunakan jasa TinyPNG untuk mengkompress ukuran gambar kalian namun hasilnya masih tetap bagus.

Nah itulah beberapa penyebab website lemot yang sekiranya saat ini sedang anda alami, kalian dapat mencoba melakukan perbaikan pada website yang anda miliki agar kinerjanya lebih baik dan tidak menjadi lemot.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *