Pengertian Meta Tag dan Fungsinya Bagi SEO

Pengertian Meta Tag dan Fungsinya Bagi SEO

Pengertian Meta Tag – Jika saat ini anda adalah seorang pemilik website atau blog, maka tentu anda akan senang bila website atau blog anda bisa muncul di halaman teratas mesin pencarian Google. Dapat tampil di halaman pertama, apalagi di urutan teratas, akan membuat website banyak dikunjungi oleh pengguna internet dari berbagai kalangan. Tentu saja hal itu akan sangat bermanfaat bagi website atau blog anda karena dengan semakin sering dikunjungi, website anda akan selalu berada di posisi teratas. Hanya saja, ada banyak upaya atau optimasi yang perlu dilakukan agar website tampil di posisi terbaik dan bisa bertahan di posisi tersebut. Optimasi yang dilakukan tentu akan berdampak terhadap SEO pada website agar menjadi semakin baik.

Pernahkah anda mendengar istilah Meta Tag? Jika belum, ini adalah salah satu metode yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO pada website atau blog anda.

Baca Juga Dampak Keyword Cannibalization Bagi SEO Website

Pengertian Meta Tag

Meta tag adalah alat bantu yang ditempatkan pada website untuk menyaring kata kunci yang dituliskan oleh pengguna sehingga jika kata kuncinya sama, maka website akan muncul pada halaman pencarian. Meta tag merupakan strategi SEO yang membantu menampilkan website pada halaman hasil pencarian. Meta tag akan memberitahu mesin pencari (Google) mengenai konten yang ada pada website atau blog yang anda miliki.

Meta tag tidak ditulis bersamaan dengan isi konten. Tetapi Meta tag ditulis dalam bentuk script pada file HTML website anda, biasanya terletak di antara tag “<head> dan </head>” pada halaman source code.

Jenis-Jenis Meta Tag

Meta tag terdiri dari lima jenis, yakni meta title, meta description, meta keyword, meta charset dan meta viewport. Simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Meta Title

Meta title adalah judul halaman website yang muncul di hasil pencarian Google. Meta tag menjadi hal yang pertama kali dilihat oleh pengunjung website pada hasil pencarian, sehingga anda harus mampu membuat meta title yang unik dan menarik.

<title>Judul halaman</title>

Jangan lupa juga agar membuat judul yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, bisa juga judul pada halaman anda mengandung kata kunci atau keywords.

  1. Meta Description

Meta description adalah ringkasan atau sedikit tulisan yang berupa teks singkat untuk mendeskripsikan isi dari konten anda. Panjang teks ini umumnya 70-155 karakter dan tidak boleh terlalu panjang. Anda bisa menggunakan meta description untuk menjelaskan apa yang ingin dibahas dalam halaman website anda atau rangkuman secara ringkas, padat, dan jelas mengenai topik yang dibahas.

<meta name=”description” content=”Tulis deskripsi singkat disini”>

Sama seperti Meta title, anda bisa memasukan keyword dari halaman yang ingin dibuat disini.

  1. Meta Keyword

Meta Keyword ini berisi informasi kata kunci sebuah website, meta tag ini umumnya dipisah dengan menggunakan tanda koma. Meta tag jenis ini memiliki fungsi unik yang membuat Google tidak perlu lagi membutuhkan keyword untuk melakukan penjelajahan pada website yang anda miliki nantinya. Jika anda memiliki website baru atau anda ada membuat sebuah halaman baru pada website, maka meta tag keyword ini harus diisi agar halaman yang tadi bisa diketahui oleh mesin pencarian Google.

<meta name=”keywords” content=”kata kunci satu, kata kunci dua”>

Saat ini, Google juga sudah sangat pintar dalam menganalisis sebuah konten, sehingga jangan sembarangan menggunakan kata kunci. Anda haruslah dapat membuat kata kunci yang tepat sehingga bisa tampil di halaman penelusuran.

  1. Meta Charset

Meta charset adalah tag yang menentukan pengkodean karakter di sebuah website. Jika anda pernah membuka sebuah halaman website lalu tiba-tiba terdapat beberapa kalimat yang terlihat seperti simbol dan tidak bisa dibaca, maka itu merupakan meta charset

<meta charset=”UTF-8″>

Terdapat banyak jenis simbol dan kode yang beredar, tetapi yang paling disarankan dan paling umum digunakan adalah UTF-8

  1. Meta Viewport

Meta yang satu ini, sangat penting untuk berada di halaman website anda. Karena fungsi dari meta ini adalah untuk memberikan tanda ke mesin pencarian Google bahwa situs anda sudah responsive atau mobile-friendly.

<meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0″>

Contoh penulisan Meta tag pada file HTML :

<head>

<meta charset=”UTF-8″>

<title>Pengertian Meta Tag dan Fungsinya<title>

<meta name=”description” content=”Jika anda ingin lebih mengenal SEO, anda harus mengetahui apa itu Meta Tag. Pengertian Meta Tag dan fungsinya akan dirangkum dalam artikel ini.”>

<meta name=”keywords” content=”pengertian meta tag”>

<meta name=”author” content=”Bali Om Design”>

<meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0″>

</head>

Kesimpulan :

Meta tag adalah sebuah elemen dalam HTML yang dapat berfungsi memperkenalkan isi atau konten dari sebuah website pada mesin pencari khususnya Google untuk saat ini yang paling sering digunakan. Adapun mesin pencari menggunakan robot perayap dalam mengenali setiap halaman yang ada di internet. Meta tag menyederhanakan pekerjaan robot perayap tersebut sehingga bisa mendapatkan informasi yang tepat pada website anda. Itulah mengapa Meta tag dapat berpengaruh terhadap SEO website anda walaupun tidak secara keseluruhan.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *