Pengertian CDN Serta Manfaat dan Fungsinya

Pengertian CDN Serta Manfaat dan Fungsinya

Pengertian CDN – Jika anda sering mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan website, jaringan, keamanan jaringan, atau yang sejenisnya, pasti anda pernah mendengar istilah CDN ini. Namun sebenarnya, apa pengertian CDN itu ? Bagaimana cara kerjanya ? Dan apa saja manfaat atau fungsi yang diberikan oleh CDN ini? Itu semua akan dibahas di dalam artikel mengenai pengertian CDN ini, jadi jangan sampai terlewatkan.

Apa Itu CDN ?

CDN merupakan singkatan dari Content Delivery Network adalah teknologi jenis terbaru yang digunakan saat ini untuk memantulkan konten yang dimiliki oleh website kita. Jika kita menggunakan CDN pada website, konten-konten yang dimuat dalam website kita seperti gambar,video, style, atau script bisa dipantulkan ke berbagai server cadangan yang sudah tersebar di seluruh dunia. Website-website yang ada di internet ini tentunya memiliki server yang berada di tempat tertentu, jika ada visitor membuka sebuah website, maka visitor tadi akan diarahkan agar mengambil konten dari server dimana website itu berada.

Jadi intinya, jika sebuah website menggunakan CDN maka konten website seperti gambar, video, style, ataupun script dapat di pantulkan ke server lain. 

Baca Juga Manfaat Cloud Hosting Bagi Website

Cara Kerja CDN

Maksudnya dipantulkan itu seperti apa? Misalnya website anda menggunakan layanan hosting yang servernya di Indonesia, jika pengunjung website anda ada yang dari luar Indonesia sebut saja dari negara Jerman, maka seharusnya pengunjung website yang tadi akan merasa kesulitan untuk mengakses website anda karena jarak yang jauh dan kecepatan jaringan internasional dari Indonesia maupun jerman berbeda. Lebih parahnya lagi bisa terjadi timeout atau terputus sambungannya. Bagaimana cara mengatasinya? Dengan menggunakan CDN, walaupun server hosting website anda berbeda dengan lokasi dari pengunjung website anda, hal ini dapat memungkinkan karena dengan CDN, jika ada kasus seperti tadi, server anda ketika diakses bukan lagi di Indonesia yang melakukan respon melainkan server CDN yang berada di negara tempat pengunjung website tadi. Karena pada dasarnya, CDN ini akan otomatis menyambungkan server yang terdekat dimana pengunjung itu berada.

Oleh sebab itu, menggunakan CDN dapat membuat koneksi ke dalam website anda menjadi lebih cepat walaupun dari berbagai belahan dunia. Dengan menyebarkan sistem pengiriman ke wilayah yang luas, website dapat mengurangi penggunaan bandwidth yang berlebihan dan waktu loading pada halaman, dapat memangkas hingga beberapa detik lebih cepat dalam mengelola request dari pengunjung.

Dampak lainnya juga website Anda tidak akan membebani resources server shared hosting asalnya karena sangat ringan jadi tidak akan menyebabkan overload pada hosting anda tentunya.

Jika ditanya lebih spesifik lagi, CDN bekerja ketika klien Anda mengunduh sesuatu pada halaman website, maka pengunjung website Anda akan mengirim request ke server yang dituju, lalu server Anda akan meresponnya dengan mengirimkan file yang diminta oleh pengunjung.

Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan unduh ini, salah satunya adalah jarak antara server dengan pengunjung website Anda. Semakin jauh jarak server ke lokasi pengunjung, maka sangat jelas respon nya akan lama. Tetapi jika semakin dekat jarak antara server dengan pengunjung, maka semakin cepat pula waktu untuk merespon request tersebut.

Kegunaan CDN

Kegunaan CDN ini sangat bergantung terhadap ukuran website, jarak lokasi ke sumber server utama, dan jumlah trafik yang dihasilkan. Misalnya, bisnis lokal dengan lokasi fisik yang melayani pelanggan di area yang kecil dan tidak terlalu besar disarankan untuk tidak perlu menggunakan CDN.

Tapi jika Anda menjalankan bisnis online yang memang ingin meluaskan wilayah penjualan untuk ke berbagai wilayah, atau memiliki website dengan trafik yang tinggi dari berbagai lokasi, maka menggunakan CDN yang tepat dan cepat akan membantu Anda agar bisa bersaing dengan kompetitor dan mempertahankan trafik penjualan yang tinggi.

Jika anda ingin menggunakan CDN pada website, maka anda akan mendapatkan beberapa manfaat dan kegunaan ini :

  1. Mengurangi Bandwith

Jika anda memesan hosting dengan harga yang tinggi pasti terdapat fitur bandwith di dalamnya. Dengan mengurangi jumlah bandwidth untuk mengelola trafik yang masuk dengan menambahkan points of presence bisa menghemat dalam biaya berlangganan hosting berbayar.

Pengefektifan bandwidth biasanya dilakukan dengan menggunakan tool optimasi, seperti caching, dengan menempatkan data ke penyimpanan sementara pada komputer atau perangkat mobile demi kemudahan akses.

  1. Kecepatan Akses Lebih Cepat

Hal yang membuat bounce rate pada website semakin parah adalah latency. Latency merupakan peningkatan waktu yang diperlukan untuk mentransfer informasi dari user ke sumber dan kembali lagi ke user, latency biasanya terjadi karena beberapa faktor yaitu :

  • Lambat dalam membaca file karena penyimpanan terblokir
  • Lambat saat memproses data dari server pusat
  • Mode transmisi data yang digunakan, misalnya jaringan fiber optik dengan kabel koaksial
  • kecepatan perjalanan data dari satu node ke node lainnya.

Jika menggunakan CDN yang tepat, hal-hal diatas akan dapat mudah diatasi.

  1. Keamanan Lebih Terjaga

Jika di dalam website anda saat melakukan data transfer yang dilakukan hanya dari satu server, maka jaringan pada website Anda akan lebih mudah untuk mendapat serangan DDoS atau yang lainnya.

Hal itu disebabkan karena permintaan (request) terkoordinasi yang dikirimkan dari berbagai lokasi dan user di satu waktu tertentu. Tapi terkadang pengiriman permintaan tersebut juga dapat dilakukan secara otomatis dengan script. Tujuannya adalah untuk menyebabkan masalah pada server dengan cara menaikkan jumlah trafik secara terus-menerus dengan waktu yang bersamaan.

Permintaan request yang terus-menerus tersebut bisa berlangsung beberapa jam hingga berhari-hari sehingga website tidak dapat diakses dan hasilnya menjadi down atau error. Dengan menggunakan penyaring DDoS dan menyebarkan query ke beberapa lokasi, permintaan fake tadi yang menyebabkan kenaikan trafik secara drastis dapat diatasi.

Anda juga bisa menggunakan CDN untuk mengamankan data sensitif dari serangan para hacker yang ingin mengambil data pada website anda. CDN terus memperbarui sertifikat TLS/SSL untuk menaikkan standar otentikasi dan enkripsi. Sertifikat tersebut juga membelokkan trafik dari server asal ke proxy.

Bagi Anda yang saat ini berusaha untuk meningkatkan performa kinerja aplikasi cloud dan media streaming online, maka sangat penting untuk mengerti dan mengetahui cara penggunaan CDN atau Content Delivery Network ini yang bertujuan untuk meningkatkan performa serta kecepatan akses ke konten-konten anda nantinya.

Di era digital seperti sekarang ini, dengan semakin banyaknya online learning dan online streaming pula, dan jarak learning dan aplikasi perusahaan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia, tentunya CDN atau Content Distribution Network akan sangat berguna untuk ditempatkan di lokasi data center Indonesia agar para pengguna dari Indonesia bisa mengakses aplikasi atau web tersebut lebih cepat dan lancar.

CDN adalah salah satu bagian penting dari internet untuk saat ini, dan akan menjadi sangat berguna lagi seiring perkembangan teknologi di masa yang akan datang.Itu tadi pembahasan singkat mengenai pengertian CDN dan manfaatnya, perlu diingat lagi bahwa gunakan CDN ini bila website anda benar-benar membutuhkannya.

 

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *