Mengenal ISP ( Internet Service Provider ) dan Kegunaannya

Mengenal ISP ( Internet Service Provider ) dan Kegunaannya

Mengenal ISP – Saat ini, perkembangan teknologi informasi sudah semakin pesat terutama dalam dunia internet. Salah satunya adalah Internet Service Provider (ISP) atau sebuah perusahaan yang dimana perusahaan ini nantinya akan berfokus pada layanan penyedia internet.

Perusahaan ini biasanya akan menawarkan sebuah layanan kepada klien atau konsumennya berupa akses internet dengan kecepatan tinggi.

ISP adalah perusahaan yang memiliki jaringan cukup luas. Biasanya mereka bekerja secara domestik atau juga bisa untuk keperluan internasional. Dengan cara ini, pengguna ISP dapat tersambung pada jaringan internet di penjuru dunia atau internasionall. Jaringan yang disediakan pun beragam mulai berupa data kabel seperti modem, persewaan kabel, radio, ataupun broadband.

Selain yang disebutkan tadi, ada juga termasuk pula layanan berupa server, router dan lainnya. Sedangkan biaya yang akan dibebankan kepada pelanggan oleh ISP ini akan dibayarkan sesuai kebutuhan dari pengguna biasanya sebulan sekali.

Baca Juga Tips Website Bisnis Agar Menjadi Lebih Efektif

Mengenal ISP ( Internet Service Provider )

ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ISP adalah produsen atau lembaga yang memberikan pelayanan kepada konsumen supaya bisa mengakses internet dan berbagai media online.

Pastinya anda tidak bisa mendapatkannya secara gratis, karena ini adalah layanan yang diwajibkan untuk membayar. Internet Service Provider lebih sering dikatakan sebagai provider internet karena lebih sering didengar oleh masyarakat sekitar.

Jaringan yang ditawarkan oleh ISP memang luas dan artinya baik itu pengguna internasional maupun lokal bisa terhubung secara global. Sehingga data bisa mengalir melalui jaringan data transmisi data satu tempat ke tempat yang lain. 

Fungsi ISP ( Internet Service Provider )

Setelah mengetahui pengertian ISP, ada baiknya juga anda mengetahui fungsi dan cara kerja dari ISP ini. ISP adalah badan penyedia layanan internet, dan tanpa adanya ISP akan membuat masyarakat tidak bisa mengakses internet seperti sekarang.

Sedangkan untuk fungsi ISP, adalah berikut ini.

  • Menjadi media yang membantu pengguna internet dalam melakukan aktivitas upload dan download dari internet
  • Menyediakan layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat saat ini.
  • Menyediakan tempat untuk internet rumahan.
  • Menghubungkan pengguna jasa internet kepada gateway internet terdekat
  • Menghubungkan pengguna internet kepada layanan informasi yang tersedia di World Wide Web (www)
  • Menyediakan berbagai perangkat modem untuk bisa terhubung dengan jaringan internet

Cara Kerja ISP ( Internet Service Provider )

Cara kerja ISP bisa dikatakan tidak terlalu rumit, yaitu hanya menunggu pengguna jasa internet untuk memberi permintaan akses. Barulah setelah itu pihak ISP akan melakukan routing jaringan kepada perangkat yang digunakan oleh pengguna jasa, bisa saja perangkat tersebut adalah handphone, modem, dan berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses internet lainnya.

Apabila sudah terhubung, maka pengguna jasa bisa menikmati akses internet dari perangkat yang dimiliki. Anda juga bisa memilih jaringan yang akan diinginkan dan dibutuhkan.

Masalah dalam ISP ( Internet Service Provider )

Menggunakan ISP untuk kebutuhan internet memang menjadi jawaban bagi perusahaan maupun masyarakat luas saat ini. Namun, dalam perjalanannya ISP ini juga pernah mengalami beberapa permasalahan yang sering muncul. Pada umumnya adalah mengenai persoalan teknis dan berikut beberapa permasalahan tersebut:

  • Kesulitan akses internet meskipun statusnya internet connected. Dampaknya adalah lambatnya koneksi internet tersebut yang saat ini juga sering dihadapi.
  • Kemudian adalah mengenai akses ISP yang disebabkan oleh server provider ISP tersebut down dan mati. Ini lebih disebabkan karena arus listrik tidak stabil sehingga berpengaruh pada pelayanan ISP.
  • Hal teknis yang juga dapat mengganggu kinerja ISP adalah adanya kabel jaringan yang terputus atau lepas sehingga mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Selain itu juga mengenai adapter yang tidak terhubung ke wireless network karena ada maintenance

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan lebih jauh untuk mengenal ISP. Mempelajari ISP adalah salah satu hal wajib di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, apalagi ISP yang ada di Indonesia. Karena internet sudah menjadi bagian dari hidup manusia saat ini, dan pastinya anda tidak akan bisa lepas dari internet.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika memahami seluk beluk internet dan ISP selaku penyedia jasa layanan internet. Karena sebagai user / pengguna internet pasti kita juga membutuhkan ISP yang tepat dan cepat demi kenyaman kita bersama.

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *