Mengenal Desain Grafis Modern dan Manfaatnya

Mengenal Desain Grafis Modern dan Manfaatnya

Mengenal Desain Grafis Modern – Desain grafis atau dalam sebutan bahasa inggrisnya adalah graphic design. Bidang ini sudah pasti akan berkaitan dan berkutat dalam melahirkan karya-karya grafis yang memukau dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Dilansir dari Wikipedia bahasa Indonesia, desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Desain grafis modern tentunya berbeda dengan desain grafis klasik, desain grafis modern lebih cenderung memanfaatkan teknologi yang ada untuk membantu dalam membuat sebuah desain.

Sebenarnya, desain grafis modern sudah diterapkan sejak lama dan sudah banyak anda lihat hasil dari karya atau implementasinya saat ini. Tetapi untuk lebih memahami dan mengetahui desain grafis modern ada baiknya anda membaca artikel yang membahas dan mengenal desain grafis modern ini.

Di era teknologi seperti sekarang, desain grafis secara dasar bukan lagi hal yang asing dan hanya dikuasai oleh pihak yang berlatar belakang di bidang tersebut, melainkan sudah marak dan bisa dipelajari secara otodidak oleh siapa saja bahkan oleh orang yang tidak ahli dibidang itu sekalipun. Produk atau karya yang dihasilkan pun sangat beragam, mulai dari hasil olahan foto, lukisan, logo merek, desain kemasan produk, desain spanduk, desain banner, infografis, iklan visual, dan masih banyak lagi. Tidak ada batasan media di era modern ini, tak lagi hanya bersifat statis dalam dua dimensi, tetapi sudah bisa mencakup 3 dimensi.

Baca Juga Tips Desain Poster Bagi Anak Desain Grafis

Mengenal Desain Grafis Modern

Desain grafis modern pada dasarnya akan mencakup setiap aspek dari kehidupan manusia secara luas yang berkaitan dengan komunikasi visual seperti buku dan poster hingga aplikasi perangkat yang baik atau animasi tiga dimensi. Para desainer grafis memiliki cakupan yang sangat luas untuk mengaplikasikan bakat mereka di bidang desain. Secara umum, hal ini termasuk: desain editorial, logo atau merek, ikon dan piktogram, typography, grafis dan elemen antarmuka, iklan cetak, alat cetak besar seperti poster dan papan iklan, kemasan produk, dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan bahwa untuk desainer modern dalam bidang ini memiliki banyak opsi untuk mengaplikasikan talenta mereka. Dalam setiap penjelasan diatas, tujuan utama dari desain grafis adalah untuk menyajikan tujuan tertentu atau bahkan menyajikan hal tersebut sebagai teknik seni yang menghasilkan karya-karya seni.

Desain grafis dalam dunia modern dipenuhi dengan perangkat digital yang senantiasa berkembang seiring berjalannya waktu dan teknologi. Kehadirannya tidak hanya mempercantik objek fisik atau digital, tetapi juga membantu penggunanya, menavigasi mereka, dan membimbing mereka untuk bisa mendapatkan kemudahan dalam mendesain.

Manfaat dan Fungsi Desain Grafis Modern

1. Mempercantik Tampilan

Dengan alat yang modern, sudah pasti hasil dari desainnya akan dapat mempercantik tampilan. Hal berikut ini merupakan fungsi yang digunakan secara luas dari item desain grafis yang komprehensif di semua bidang pengguna dalam berinteraksi dengan hal-hal visual, mulai dari iklan, dan sebagainya. Bukan rahasia lagi bahwa orang-orang tidak hanya makhluk yang rasional tetapi juga emosional, dan kebanyakan dari kita memiliki dorongan dalam segi visual dan estetika yang terlibat dalam melihat sesuatu.

Tampilan yang menarik dan penuh gaya secara modern sangat penting untuk membuat pengguna Anda berpikir untuk mencoba produk, terutama dalam kondisi persaingan ketat di era modern seperti sekarang ini.

2. Memukau

Ada kalanya dimana hasil kegiatan desain grafis hanya ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan menyesuaikan bentuk asli dengan kebutuhan. Misalnya ketika kita akan mengolah suatu foto untuk memperbaiki warna, pencahayaan, dan mengubah ukuran. Memukau di sini berarti membuat tampilan foto semakin rapi, jelas, indah, dan sesuai kebutuhan.

3. Menguatkan Navigasi

Elemen pada desain grafis khusus merupakan alat yang hebat untuk meningkatkan navigasi dan fungsi dari penggunaannya.. Berdasarkan penelitian dan pengujian dari pengguna, hal ini memiliki dampak besar pada konversi, mempertahankan pembaca, serta memberikan alur perjalanan yang mudah dalam website atau aplikasi. Selain itu, semua pengaruh positif ini didukung oleh kenikmatan estetika yang diperoleh pengguna dari elemen visual yang terlihat canggih dan komposisi yang harmonis.

4. Teks Lebih Trendi

Salah satu perspektif penting dari desain grafis yaitu typography. Desainer biasanya ingin membuat copy yang diterapkan dalam produk tidak hanya agar dapat dibaca tetapi juga untuk menarik perhatian dan bersifat emosional. 

Sub Bidang Desain Grafis Modern

1. Information Design

Desain informasi adalah praktek menyajikan informasi dengan cara yang menumbuhkan pemahaman yang efisien dan efektif itu. Istilah telah datang untuk digunakan khusus untuk desain grafis untuk menampilkan informasi secara efektif, bukan hanya menarik atau ekspresi artistik. Desain informasi berkaitan erat dengan bidang visualisasi data dan sering diajarkan sebagai bagian dari program desain grafis.

2. Typography

Merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga bisa memberi kenyamanan lebih kepada pembaca.

Aspek-aspek Desain Komunikasi Visual :

  • Ilustrasi
  • Teks
  • Tipografi
  • Warna

Huruf atau font adalah bentuk visual yang dibunyikan sebagai komunikasi verbal. Tipografi adalah Ilmu yang mempelajari tentang Huruf dan penggunaan Huruf dalam aplikasi Desain Komunikasi Visual.

3. Web Graphic Design

Desain web meliputi berbagai keterampilan yang berbeda dan disiplin dalam produksi dan pemeliharaan website. Berbagai bidang desain web termasuk desain grafis web; desain antarmuka; authoring, termasuk kode standar dan perangkat lunak berpemilik; desain pengalaman pengguna serta optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization ( SEO ). Seringkali banyak orang akan bekerja dalam tim yang meliputi berbagai aspek dari proses desain, meskipun beberapa desainer akan menutupi mereka semua.

Desain web, Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan proses desain yang berkaitan dengan front-end (client side) desain website termasuk dalam membuat mark up. Web desain sebagian tumpang tindih rekayasa web dalam lingkup yang lebih luas dari pengembangan web.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan untuk mengenal desain grafis modern. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam perkembangan desain grafis. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini desain grafis menjadi sangat mudah untuk dioperasikan dan juga lebih mudah dalam mengembangkan imajinasi setiap desainer. Pembaruan software juga membuat para desainer dapat menghasilkan desain-desain terbaru mereka dengan lebih baik lagi. Untuk memperkenalkan karyanya, para desainer dapat mengunggahnya di internet sehingga mereka dapat menghasilkan uang dengan karya-karyanya tersebut. Perkembangan teknologi yang semakin pesat juga harus diimbangi dengan pemikiran yang positif dari penciptanya.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *