Manfaat Whitespace Pada Website Agar Terlihat Rapi

Manfaat Whitespace Pada Website Agar Terlihat Rapi

Manfaat Whitespace Pada Website – Dilansir dari webdev-id, White space atau ruang kosong menjadi salah satu elemen penting dalam desain web. Penggunaan white space dapat membantu memberikan karakteristik tersendiri daripada web yang hanya berisi konten informasi saja. 

Dibutuhkan pengalaman yang cukup agar teknik penggunaan white space mampu menciptakan desain web yang baik. Namun pada umumnya, teknik yang nantinya digunakan oleh para web designer tergantung pada sense atau selera web designer itu sendiri. Berikut kami informasikan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan white space ketika merancang desain web.

Apa Itu Whitespace ?

White space adalah salah satu elemen penting yang digunakan ketika mendesain sebuah website. Mungkin untuk beberapa orang, white space hanyalah sebuah ruang kosong di dalam gambar. Namun bagi web designer yang handal, white space adalah sebuah komponen yang berguna dan penggunaanya selalu disertai dengan tujuan tertentu. Sebagai contoh, penggunaan white space atau ruang kosong untuk menggambarkan lubang donat. Dalam hal ini komponen white space dapat bekerja dengan baik karena mampu memberikan makna pada gambar donat tersebut.

Seorang web designer terkadang mendapatkan feedback untuk membuat desain web yang mencolok untuk konten-konten yang dianggap penting oleh client mereka. Mereka tentu saja bisa membuat desain web sesuai dengan permintaan client tersebut. Namun seorang web designer yang handal pasti tau bahwa jika semua konten dibuat mencolok maka hasilnya tidak ada satupun konten yang dapat terlihat mencolok.

Mengapa Whitespace Itu Penting ?

Dilansir dari Idseducation, White space diperlukan untuk memberikan jeda pada mata agar mata tidak terlalu lelah melihat desain yang terlalu padat. Beberapa kegunaan white space di antaranya,

  • Membantu tercapainya readability dan legibility sebuah layout;
  • Menciptakan struktur informasi yang rapi;
  • Menciptakan keseimbangan komposisi layout;
  • Memberikan penekanan terhadap informasi yang ingin disampaikan terlebih dahulu.Istilah minimalist design tampaknya menjadi salah satu bentuk dari pengaplikasian white space yang baik;
  • Membuat desain terlihat lebih elegan.

Untuk mengilustrasikan seberapa efektif white space dalam membantu kita memproses informasi di media cetak, lihat contoh di bawah ini dari website Digital Ink.

perbedaan whitespace
Source : Idseducation

Lihat perbedaannya? Tata letak di sebelah kiri menggunakan sebagian besar ruang yang tersedia, tetapi terlihat ramai dan berat. Sehingga membuat mata merasa tidak nyaman menatap untuk waktu yang lama. 

Sebaliknya, tata letak di sebelah kanan menggunakan kolom yang lebih lebar dan jarak yang lebih jauh antar paragraf. Ini adalah perubahan desain sederhana yang memiliki dampak besar pada pembuatan artikel yang terlihat lebih enak untuk dibaca. Selain membuat tata letak lebih mudah dipahami, spasi juga dapat menekankan elemen tertentu, membantu pembaca memahami apa yang harus  difokuskan. Menggunakan spasi untuk memisahkan tata letak dan mengelompokkan hal-hal tertentu dan membantu menciptakan rasa keseimbangan.

Ketika merancang situs web, spasi sangat penting – tidak hanya dari sudut pandang estetika, tetapi juga dari perspektif pengoptimalan konversi. Menggunakan spasi secara efektif dapat membuat situs web  lebih mudah dinavigasi, mudah dipahami, dan ramah-konversi.

Faktanya, penelitian klasik yang dilakukan oleh Human Factors International menemukan bahwa, menggunakan spasi untuk menekankan elemen penting pada sebuah situs web meningkatkan pemahaman hampir 20 persen.

Di sebelah kiri, tombol “Call to Action” terlihat tidak memiliki ruang, terjepit di antara teks yang terlalu padat sehingga sulit bagi pengunjung untuk fokus pada hal penting. Di sebelah kanan, “Call to Action” telah diisi beberapa ruang kosong yang sangat dibutuhkan. Tombol tersebut tampak menjadi titik fokus pada halaman, mendorong pengunjung untuk memperhatikan.

Dengan menambahkan beberapa ruang kosong di sekitar tombol tersebut, beberapa konten lain di laman tersebut berpindah ke bawah dan terlihat lebih baik. Tidak semuanya harus berada di atas. Bahkan, para desainer tidak mencoba banyak konten karena akan terlihat berantakan.

Manfaat Whitespace Pada Sebuah Website 

Para desainer web selalu menekankan pentingnya white space untuk area netral di sebuah website. Ini karena tidak semua area kosong di website harus diisi dengan sesuatu. Justru, adanya white space bisa membantu mendatangkan lebih banyak visitor. Biasanya, white space menjadi salah satu hal yang paling sering diperdebatkan oleh business owner dan desainer. Lantas, apa saja manfaat whitespace pada sebuah website itu ?

1. Menciptakan Keseimbangan yang Sempurna

Adanya keseimbangan antara space negatif dan space yang berisi gambar, bisa menciptakan harmoni sempurna pada website anda. Terlalu banyak gambar atau konten pada halaman website-mu bisa membuatnya terlihat berantakan dan susah dibaca. Saat melihat website yang terlalu ramai tampilannya, maka audiens malah jadi sulit fokus. Makanya, seimbangkan antara space, teks dan image dengan baik.

2. Membuat Tampilan Terlihat Profesional

Pentingnya white space adalah untuk membuat tampilan website anda terasa lebih profesional. Website yang didesain secara profesional biasanya direncanakan dengan sangat baik sebelum website-nya diluncurkan. Desainer yang merancang website mempertimbangkan setiap aspek dan fiturnya agar sesuai dengan bisnis dan brand anda. White space yang seimbang tak hanya enak dilihat tapi juga menciptakan kesan profesional.

3. Mudah Dibaca

Selanjutnya, pentingnya white space adalah untuk membuat teks lebih mudah dibaca. Ini juga alasan mengapa banyak publisher menggunakan white space pada halaman mereka. Jadi, rasanya seperti anda sedang membaca buku sungguhan. Nah, untuk mendatangkan banyak pengunjung website, tulisan isi kontenmu harus gampang dibaca.

4. Membuat Pengunjung Lebih Mudah Mengerti

Tampilan white space menghilangkan distraction dan memudahkan pembaca untuk berkonsentrasi membaca teks di depan mereka. Ini sekaligus membantu mereka mengingat serta mengerti apa yang dibaca dengan lebih mudah. Saat ada space yang seimbang di antara paragraf, maka pembaca mudah memahami dan menyerap informasi yang dibacanya.

5. Meningkatkan Perhatian Pengunjung

Saat distraction semakin berkurang, maka konsentrasi pengunjung website juga akan meningkat dengan cepat. Nah, website yang memuat terlalu banyak gambar pada tampilan desainnya, bisa membuat perhatian pengunjung website jadi teralihkan. Kurangi distraction hingga jadi seminimal mungkin, sehingga pembaca betah membaca postinganmu dan bahkan tertarik dengan produk jualanmu.

6. CTA Lebih Mudah Dicari

Adanya white space yang proporsional dapat membuat call-to-action anda jadi semakin menarik. CTA penting banget untuk menciptakan konversi. Makanya, itu harus terlihat semenarik mungkin. CTA bakal sulit menarik pengunjung website jika desainnya bercampur baur dengan banyak konten tulisan dan gambar. Sementara, pentingnya white space dapat memberi ruang yang lengang dan efektif untuk CTA anda.

7. Meningkatkan Konversi

Seiring CTA semakin terlihat jelas dan menarik, maka konversi juga akan meningkat dan penjualan anda bakal naik. CTA biasanya berupa ajakan atau seruan seperti “Beli sekarang”, “Daftar gratis di sini”, dan sebagainya. Pengunjung website-mu bisa jauh lebih tertarik untuk membeli atau menggunakan produk serta layananmu karena tampilan website yang memuat informasi penting dengan jelas, enak dilihat dan CTA-nya efektif.

Contoh Website Menggunakan Whitespace :

1. Squarespace

Squarespace menggunakan sangat sedikit elemen UI di beranda mereka, tetapi terlepas dari batasan ini, pengguna memiliki semua yang mereka butuhkan untuk memahami apa itu Squarespace.

manfaat whitespace pada website
Source : Justinmind

2. Apple

Adakah yang bisa benar-benar menulis tentang desain ruang putih tanpa menyebut Apple? Meskipun mereka bukan pelopor ruang putih, Apple benar-benar tahu cara menggunakannya dengan percaya diri dan benar untuk mendapatkan perhatian, penjualan, dan pengaruh.

manfaat whitespace pada website
Source : Justinmind

3. Tinker

Tinker memungkinkan Anda membuat jam tangan kustom Anda sendiri, memilih dari berbagai warna, gaya, dan sentuhan akhir.

Untuk menyoroti sifat khusus dari penawaran mereka, Tinker menggunakan gambar besar dan mencolok dari rangkaian produk terbaik mereka. Gambar ini sengaja menempati sebagian besar layar untuk meninggalkan kesan pada pengguna dan digabungkan dengan CTA untuk “berbelanja sekarang”.

Sebaliknya, sisa halamannya sangat sederhana, dengan logo, hanya bilah pencarian, dan menu navigasi yang hampir tersembunyi yang tersusun rapi di setiap sudut atas UI.

Tinker Website
Source : Justinmind

Itulah tadi beberapa manfaat whitespace pada website. anda bisa bayangkan sendiri kalau anda mengunjungi sebuah website, lalu di homepage anda melihat banner iklan, judul website, banyak artikel dengan susunan dan spasi huruf berdempetan, kemudian terdapat gambar-gambar desain yang warna-warni serta mencolok. Terlihat membingungkan bukan? Mau baca yang mana dulu, atau sekalian pindah ke website lain saja? Maka dari itu, gunakan white space secara baik dan tepat agar website yang anda buat dapat dinikmati oleh pengunjung sepenuhnya.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *