Manfaat Website Responsive Bagi Pengelola Website

Manfaat Website Responsive Bagi Pengelola Website

Manfaat Website Responsive – Tidak dapat disangkal bahwa desain web responsive telah mendapatkan popularitas dan kepentingan sejak Google mengumumkan bahwa situs web yang ramah seluler dan responsive akan melihat peningkatan peringkat mesin pencari mereka di tahun 2015.

Namun, desain responsive berjalan kembali. Bahkan, the first website dengan tata letak yang menyesuaikan dengan lebar viewport browser yang berbeda dirancang sekitar tahun 2002. Berkat kemajuan teknologi dan fakta bahwa merancang untuk web selalu berarti merancang untuk berbagai ukuran layar, desain web responsive adalah hasil alami.

Namun, itu tidak sampai 2010 ketika istilah desain web responsive secara resmi diciptakan oleh Ethan Marcotte, pengembang web independen yang juga menulis buku tentang desain web responsive.

Sejak itu, teknologi semakin maju dan kami telah melihat semakin banyak orang yang beralih ke ponsel cerdas dan tablet mereka untuk tidak hanya melakukan panggilan dan mengirim pesan tetapi juga menelusuri berita dan situs web menarik lainnya. Di masa mendatang, kepentingan desain web yang responsive pasti akan terus berlanjut karena sebagian besar pakar memperkirakan akan terus menggunakan perangkat seluler tingkat tinggi.

Saat Anda menambahkan semua hal itu, jelas bahwa desain web responsive akan tetap ada di sini. Lebih penting lagi, ada beberapa manfaat website responsive. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat website responsive. Kami juga akan menunjukkan kepada Anda bagaimana situs web dan bisnis Anda dapat memperoleh manfaat dari mengadopsinya.

Baca Juga Situs Penyedia Font Untuk Website

Mengapa Website Harus Responsive ?

Di era digital saat ini pengguna smartphone dan tablet dari berbagai tipe gadget sudah banyak sekali jumlahnya. Tentunya tidak bisa dipungkiri bahwa pengunjung website / situs anda saat ini bukan lah hanya dari platform PC / komputer atau laptop saja, tetapi dari smartphone dan tablet juga. Semakin membludaknya pengguna smartphone, tentunya ini saatnya bagi para digital agency untuk membuat website yang responsive.

Bisa Anda bayangkan personal komputer itu biasanya berada di suatu tempat khusus di ruangan Anda. Jadi kalau mau browsing melalui personal komputer ya Anda harus berada diruangan tersebut. Sedangkan perangkat mobile dibawa kemana pun orang tersebut pergi, bahkan ke kamar mandi pun banyak yang membawa ponselnya, sedang menyetir mobil pun banyak yang browsing, jadi bisa dibayangkan bagaimana mobile-nya manusia saat ini.

Melihat fenomena di atas maka Anda akan sangat dirugikan jika website Anda tidak bisa diakses orang melalui perangkat mobile. Website sekarang harus bisa diakses melalui personal komputer (desktop & laptop) serta harus bisa juga diakses dari perangkat mobile (smartphone & tablet) dan solusi untuk mengakomodir keduanya itu, yaitu responsive web, yang memungkinkan website bisa menyesuaikan ukuran layar dari perangkat yang digunakan oleh pengunjung web.

Apa itu web responsive design?, web responsive design adalah design website yang memungkinkan tampilan / displaying website untuk menyesuaikan tipe gadget / platform apa yang digunakan saat mengakses website tersebut, sehingga pada saat website dibuka dan diakses melalui misal smartphone maka layout akan berubah karena dipengaruhi oleh lebar dari platform tersebut, dan tentunya akan selalu menyesuaikan secara otomatis setiap perbedaan platform / gadget yang membukanya.

Jika kita melihat dunia saat ini, kita akan menemukan bahwa banyak orang sangat ketergantungan dengan ponsel mereka. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, ponsel selalu bersama. Berikut ini ada statistik yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui seberapa banyak pengguna ponsel.

Lebih dari 20% dari pencarian Google kini dilakukan melalui ponsel.

  • Pada tahun 2012 lebih dari setengah dari local search dilakukan melalui ponsel.
  • 25% pengguna internet di Amerika hanya mengakses internet melalui perangkat mobile.
  • 25,85% dari seluruh email dibuka di ponsel, dengan 10,16% lainnya dibuka di tablet.
  • Pada tahun 2015 pengguna internet mobile diperkirakan akan menyalip pengguna desktop.
  • Dari 4 miliar ponsel di dunia, 1.08 miliar adalah smartphone dan 3.05 mengaktifkan SMS.

Berbagai Manfaat Website Responsive

Dengan menggunakan desain web yang responsive kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat website responsive. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Conversion Rate

Selain semua manfaat dalam hal pencarian serta membuat pengunjung senang, desain web responsif memiliki kemampuan untuk meningkatkan conversion rate atau tingkat konversi yang tentu saja sangat diinginkan oleh setiap pengguna ponsel di dunia. Mengapa? Jika sebuah situs web tidak berfungsi dengan baik pada perangkat mobile atau tablet maka pengguna tentu tidak dapat dikonversi. Apakah Anda mengetahui berapa banyak orang yang berbelanja dari perangkat mobile? Penelitian menemukan bahwa 69% dari pengguna tablet berbelanja menggunakan perangkat mereka tersebut dalam 30 hari terakhir.

Jadi jika pengunjung harus melakukan lebih banyak langkah untuk menyelesaikan konversi dengan situs Anda maka apakah menurut Anda mereka akan tetap menyelesaikan konversi tersebut? Kemungkinannya tentu sangat kecil. Sebagai contoh adalah orang yang melihat produk di website Anda dengan perangkat mobile akan kesulitan untuk melakukan pembelian jika website Anda tidak support mobile. Jadi jika mereka ingin menyelesaikan pembelian maka mereka harus berpindah ke desktop. sangat menyulitkan. Mending tidak jadi beli dan mencari di website lain saja.

Namun dengan responsive, tentu hal di atas bisa teratasi dan pembelian barang di website Anda bisa terjadi dengan mudah, kapan saja, di mana saja pengunjung berada bahkan sedang di kamar mandi pun bisa menyelesaikan pembelian barang karena web responsif bisa dibuka di semua layar.

Desain responsive juga bisa membantu Anda untuk melakukan heatmapping dan pengujian A/B atau bisa kita kenal dengan A/B testing. Hal ini bisa digunakan dengan software, seperti ClickTale atau Optimizely yang mana Anda bisa mengetahui bagian mana yang sering di klik pengunjung, bagaimana website Anda berinteraksi dengan pengunjung. Hal ini tentu saja dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan bagian yang masih kurang oke dari website Anda. Jadi sekali lagi jika website Anda tidak berfungsi pada perangkat mobile maka pengunjung akan merasa frustasi dan meninggalkan website Anda. Tingkat bouncing yang tinggi = tingkat konversi yang rendah.  Tentu saja hal ini buruk bagi usaha Anda.

  1. User Experience Yang Baik

Desain web yang responsif dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung. Sebagai contoh, pengguna tidak perlu main-main dengan zoom dan mengecilkan teks dan gambar pada layar. Hal ini membuat lebih mudah dan lebih nyaman bagi pengguna untuk membaca dan menjelajahi situs Anda.

Dan ada sebuah statistik yang menggambarkan mengapa user experience sangat penting. Menurut Google Think Insight di Mobile, setiap kali seseorang tiba di web mobile anda dan frustasi, atau tidak melihat konten yang mereka cara dalam waktu singkat, ada kemungkinan 61% meninggalkan website Anda untuk menuju ke website lain. Namun, setiap kali seorang pengunjung memiliki pengalaman yang positif dengan situs mobile Anda maka 67% kemungkinan akan membeli produk atau menggunakan jasa yang ada di web tersebut. Selain itu, 48 persen dari pengguna menyatakan kepada Google bahwa ketika sebuah situs tidak berfungsi pada perangkat mobile maka mereka merasa perusahaan tersebut tidak peduli pada usaha mereka (buktinya web tidak bisa dibuka dari ponsel).

Dan ada kemungkinan seseorang yang mengeluhkan sulitnya menggunakan sebuah situs tertentu maka mereka akan menuliskan atau curhat di sosial media tentang buruknya situs tersebut dan ini tentu mencoreng reputasi website Anda.

  1. Mudah Untuk Dikelola

Sedikit kita kembali ke SEO. Jika Anda memiliki website yang terpisah antara desktop dan mobile, Anda harus menjalankan SEO campaigns terpisah untuk keduanya. Bukankah akan lebih mudah untuk mengelola satu saja untuk satu website yang sama? Itu bukan hanya akan membuat senang pelanggan Anda namun juga menggembirakan karyawan Anda, pengembang, manajer pemasaran, dan yang lebih penting tentu akan menghemat biaya dan tenaga.

  1. Mudah Bersaing

Dalam dunia bisnis, kita tentu harus berada di depan, harus lebih dulu, dan lebih maju dibanding kompetitor. Desain web responsive disukai oleh Google jadi kemungkinan Anda berada di baris terdepan di hasil pencarian Google tentu lebih besar. Dengan ini tentu Anda bisa menyalip calon pembeli agar tidak menuju website pesaing Anda. Website Anda juga akan dinilai baik bahkan lebih modern oleh pengunjung. Website yang baik akan lebih disenangi tentunya.

  1. Hemat Biaya

Di Dalam bisnis biaya merupakan salah satu pertimbangan kamu ketika melakukan sesuatu yang dibutuhkan bisnis kamu, dengan penghematan biaya dapat dipastikan bahwa bisnis kamu akan semakin berhasil. Biaya pembuatan website responsive tidak membutuhkan biaya yang mahal karena pembuatan website responsive sejalan ketika kamu membuat website dari awal. 

  1. Pengembangan Situs Web Lebih Cepat

Belum lama ini, praktik umum melibatkan pembuatan versi seluler terpisah dari situs Anda yang ditayangkan ketika ukuran layar yang lebih kecil terdeteksi. Namun, mengembangkan versi seluler situs Anda membutuhkan lebih banyak waktu daripada mengembangkan situs web responsif yang tampak hebat dan berfungsi sebagaimana yang dimaksudkan tidak peduli perangkat apa yang digunakan pengunjung Anda. Kelemahan lain dari versi situs web seluler adalah fakta bahwa harganya lebih mahal karena pengembang Anda harus membuat dua situs web, bukan satu situs web.

  1. Maintenance Lebih Mudah

Langsung terikat ke titik di atas adalah perawatan situs web yang lebih mudah. Dengan dua versi situs web Anda, staf Anda atau tim pengembangan Anda harus membagi waktu dan sumber daya untuk mengelola dua situs web. Dengan situs web yang responsif, staf Anda dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tugas pemeliharaan dan fokus pada tugas yang lebih penting seperti pemasaran, pengujian A / B, layanan pelanggan, pengembangan produk atau konten, dan banyak lagi.

  1. Menurunkan Tingkat Bouncing

Rasio pentalan menandakan persentase pengunjung ke situs web tertentu yang menavigasi keluar dari situs setelah melihat satu halaman saja. Seperti yang telah kami sebutkan di atas, situs web yang responsif berarti pengunjung akan tetap berada di situs Anda lebih lama yang mengurangi rasio pentalan Anda. Pengunjung akan lebih cenderung mengklik dan membaca halaman lain di situs Anda dan menjelajahi semua yang Anda tawarkan.

  1. Tingkat Konversi Lebih Tinggi

Lebih banyak waktu di situs Anda dan rasio pentalan yang lebih rendah adalah langkah pertama yang baik untuk meningkatkan pengalaman pengguna pengunjung Anda dan membangun kepercayaan. Pengalaman dan kepercayaan pengguna yang ditingkatkan itu mengarah ke rasio konversi yang lebih baik, apakah konversi berarti mendaftar ke buletin Anda, melakukan pembelian atau memesan panggilan. Pertimbangkanlah sejenak bahwa rata-rata smartphone conversion rates meningkat 64% dibandingkan dengan desktop dan sangat mudah untuk melihat mengapa situs web yang responsif adalah suatu keharusan.

  1. Backlink Lebih Bagus

Terakhir, perlu disebutkan bahwa situs web responsif dapat membantu Anda ketika membangun tautan balik. Tautan balik memainkan peran penting dalam strategi SEO apapun karena mereka menampilkan mesin telusur bahwa situs web lain menganggap situs Anda sebagai sumber informasi yang terpercaya. Jika situs Anda tidak responsif, situs web lain akan kurang cenderung untuk menautkan ke Anda. Lagi pula, menautkan ke situs web yang tidak memberikan pengalaman pengguna yang baik membuat mereka terlihat buruk juga.

Itu tadi beberapa manfaat website responsive yang bisa anda dapatkan jika website yang anda buat sudah menerapkannya. Semoga artikel ini bermanfaat

Baca Juga Pahami Pentingnya Jenis Website Berdasarkan klasifikasinya

Sumber Referensi : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *