Manfaat Menggunakan Pen Tablet Dalam Membuat Desain

Manfaat Menggunakan Pen Tablet Dalam Membuat Desain

Manfaat Menggunakan Pen Tablet – Nama Pen Tablet rasanya terdengar asing bagi orang awam. Namun peralatan yang satu ini sudah biasa digunakan oleh mereka yang berprofesi sebagai desainer. Kehadiran Pen Tablet memang mempermudah pekerjaan mengutak-atik gambar, karena keterbatasan fungsi mouse (tetikus).

Apa itu Pen Tablet ?

Pen tablet juga dikenal sebagai Tablet grafis (Graphic Tablet), Graphic Pad, atau Drawing Tablet, sebuah perangkat keras (hardware) atau input device komputer yang mengizinkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.

Sebuah Tablet Grafis terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah pena digital.Tablet digital memiliki permukaan yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kemudian menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik atau gerakan pada layar monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer.

Kursor (disebut juga puck) berfungsi layaknya mouse pada komputer, hanya saja kursor ini dapat memiliki sebanyak 16 tombol dan memiliki jendela dengan helai-helai rambut (crosshairs) di dalamnya sebagai tempat posisi ujung titik yang dituju. Sementara Pena digital (disebut juga stylus) mirip dengan pena ballpoint, hanya saja tidak memakai tinta, melainkan dilengkapi oleh ujung elektronik.

Karena dilengkapi dengan pena, maka sesungguhnya Pen Tablet dapat digunakan untuk memindahkan juga tulisan tangan di layar komputer, dalam hal ini berarti dapat digunakan sebagai pengganti papan tulis konvensional. Harga Pen Tablet yang sudah makin terjangkau mungkin bisa membuat pembaca untuk melirik Pen Tablet ini sebagai alternatif pengganti papan tulis.

Saat ini sudah banyak Pen Tablet yang dijual dengan harga dibawah sejutaan dipasaran. Meski untuk produk-produk Pen Tablet kelas atas masih dijual dengan harga diatas sejuta. Anda bisa memanfaatkan layar TV berukuran besar atau proyektor untuk memperbesar tampilan layar komputer anda. Artikel ini akan membahas beberapa hal termasuk manfaat menggunakan pen tablet.

Baca Juga Prinsip Dalam Desain Grafis Yang Wajib Untuk Dipahami

Manfaat Menggunakan Pen Tablet

Dilansir dari Glints, didesain untuk memudahkan proses menggambar, berikut adalah daftar keuntungan menggunakan tablet untuk para desainer grafis: 

1. Mempermudah proses menggambar

Ketika menggambar secara digital, salah satu tantangan menggunakan mouse adalah gerakan yang cenderung kaku dan kurang sesuai dengan apa yang diinginkan. Keuntungan pertama menggunakan tablet ini adalah mempermudah proses menggambar secara natural. 

Dengan pen elektronik yang disediakan, anda dapat menggambar detail-detail kecil secara bebas dan mudah.  Gerakannya pun terasa lebih natural, karena rasanya kurang lebih sama dengan menggunakan pensil atau pulpen untuk menggambar manual.

2. Sensitivitas dan mampu mendeteksi tekanan

Keunggulan lain menggunakan tablet ini adalah sensitivitas dan kemampuannya mendeteksi tekanan. Mengapa hal ini penting?  Ketika menggambar digital, akan melelahkan jika anda harus mengulang garis yang sama berkali-kali hanya untuk mendapatkan ketebalan yang diinginkan.

Dengan tablet grafis, biasanya terdapat pendeteksi tekanan pada pen yang memungkinkan anda untuk mengatur ketebalan gambar. Jika ingin membuat gambar yang tebal, berikan sedikit lebih tekanan. Jika ingin membuat yang tipis, lakukan sebaliknya. Sensitivitas tablet juga memungkinkan anda untuk menggambar sesuatu dengan sangat mudah, tanpa perlu menekan terlalu keras. Hal ini sangat berguna, terutama jika anda harus menggambar desain yang mendetail dan cukup kompleks.

3. Langsung terkoneksi dengan laptop

Nah, keuntungan lain menggunakan tablet ini adalah dapat langsung disambungkan ke laptop dan komputer dengan mudah. Hal ini tentu saja lebih praktis jika dibandingkan dengan menggambar di kertas biasa, scan gambar tersebut, lalu mengedit menggunakan software.

Kekurangan Menggunakan Pen Tablet

Jika tadi anda sudah mengetahui kelebihannya, berikut adalah beberapa kekurangan yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli tablet grafis:

1. Hanya cocok digunakan menggambar saja

Salah satu kekurangan dari graphic tablet adalah alat ini tidak terlalu cocok digunakan untuk keperluan biasa di laptop dan komputer. 

Dilansir dari Techwalla, hal ini dikarenakan interface di komputer dan laptop memang didesain untuk penggunaan dengan mouse, bukan stylus pen. 

Jadi, mungkin akan terasa aneh jika anda harus menggunakannya untuk browsing atau mengklik apapun di laptop dan komputer.

2. Harga yang cukup mahal

Nah, kekurangan selanjutnya adalah harga yang cukup mahal.  Untuk mendapatkan tablet grafis yang berkualitas dan nyaman digunakan, anda harus mengeluarkan jutaan rupiah. Hal ini tentu saja tergantung dengan merk yang dipilih. Meskipun begitu, rata-rata harga tablet grafis di pasaran memang cukup mahal, berkisar antara satu sampai belasan juta rupiah.

Beberapa Merek Pen Tablet Yang Direkomendasikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu kekurangan menggunakan tablet grafis adalah harganya yang cukup mahal. Maka dari itu, anda harus mengetahui merk terbaik yang bisa dipilih agar sepadan dengan uang yang harus dikeluarkan.

Berikut adalah empat merk terbaik yang bisa dijadikan referensi:

1. Wacom

Merk tablet satu ini adalah salah satu yang terbaik di bidangnya.  Ketika bicara tentang tablet grafis, mungkin orang akan lebih familiar dengan merk Wacom.

manfaat menggunakan pen tablet
Source : Glints

Terdapat banyak rangkaian produk dari Wacom, tetapi salah satu produk terbaiknya adalah Wacom Cintiq 22 dan juga Intuos Pro. Harga produk Wacom yang cukup tinggi dapat dibilang sepadan dengan kualitas yang ditawarkan. Seperti kata orang, “Ada barang, ada harga”.

2. XP – Pen

Jika dibandingkan dengan Wacom, Huion memang lebih affordable. Meskipun begitu, kualitas tablet dan pen yang ditawarkan tetap sangat baik.  Salah satu tipe terbaiknya adalah Deco 03. 

manffat menggunakan pen tablet
Source : Glints

anda bisa menggambar di permukaan yang luas dan juga cukup tipis, sehingga rasanya seperti menggambar di atas kertas biasa.

3. Huion

Jika dibandingkan dengan Wacom dan XP-Pen, Huion memang lebih affordable. Meskipun begitu, kualitas tablet dan pen yang ditawarkan tetap sangat baik.  anda hanya perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki saja. 

manfaat menggunakan pen tablet
Source : Glints

Untuk pemula, merk tablet grafis yang satu ini sangat cocok untuk digunakan. Terutama jika anda masih banyak belajar mengenai desain grafis.

4. Apple

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan merk yang satu ini. Tipe gadget terbaru dari Apple yang bisa digunakan untuk mendesain adalah iPad Pro 12.9. 

Tablet dari Apple menawarkan tampilan yang elegan dan juga resolusi gambar yang sangat tajam. Gadget ini juga akan memudahkan anda untuk mengirimkan file, tanpa harus menghubungkannya ke laptop atau komputer terlebih dahulu.  Meskipun begitu, salah satu kekurangannya adalah harga yang terbilang sangat mahal.

Source : Glints

Ketika ingin menggunakan iPad sebagai tablet menggambar, anda harus membeli stylus pen-nya sebagai tambahan dengan harga yang cukup mahal.

Bila anda belum terbiasa menggunakan Pen Tablet, maka anda harus berlatih terlebih dahulu untuk melancarkan penggunaannya. Meski hampir mirip kerjanya dengan mouse namun gabungan antara Pad (landasan menulis) dan Pen ini bekerja dengan cara yang berbeda dengan mouse. Posisi mouse pada kursor tergantung pada posisi akhir dimana kursor berada saat mouse akan digerakkan.

Jadi misalnya kursor berada di kanan atas, maka saat mouse digerakkan, maka gerakan akan meneruskan posisi kursor saat itu. Pada Tablet, posisi kursor ditentukan oleh posisi Pen pada Pad, jadi misalnya kursor pada layar sebelum Pen ditempelkan pada Pad berada di kanan atas, bila kemudian Pen ditempelkan di tengah Pad maka kursor akan langsung lompat keposisi tengah. Bila Pen ditempelkan di posisi kiri bawah Pad misalnya, maka kursor akan langsung lompat ke posisi kiri bawah pada layar komputer anda.

Itulah tadi artikel mengenai manfaat menggunakan pen tablet yang dapat memudahkan anda dalam membuat sebuah desain. Baca juga artikel mengenai desain lainnya di Bali Om Design.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *