Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis – Marketing konvensional sudah mulai ditinggalkan dengan kehadiran digital marketing. Maklum, marketing konvensional membutuhkan tenaga dan biaya lebih besar ketimbang melakukannya di platform digital. Marketing konvensional biasanya memanfaatkan media cetak seperti pamflet, baliho, spanduk, dan koran. Untuk mencetak iklan dengan media konvensional kalian harus mengeluarkan sejumlah uang.

Lain halnya dengan digital marketing yang bisa kalian dapatkan secara gratis. kalian bisa membuat platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram yang ditujukan khusus untuk bisnis kalian. Digital marketing juga menjangkau khalayak yang lebih luas. Jika marketing konvensional hanya bisa menjangkau satu kota tertentu, digital marketing bisa mencakup hingga negara lain.

Target pasar yang dijangkau dengan digital marketing pun akan meluas seiring cakupan daerah yang lebih besar. kalian harus menentukan target yang kalian tuju terlebih dahulu sebelum menentukan beriklan di media cetak. Namun di digital marketing, justru pembeli dari berbagai kalangan yang akan mencari barang yang ia butuhkan. Dari segi pemasukan, digital marketing jelas lebih menjanjikan.

Namun, digital marketing juga bukannya tanpa kekurangan. Ketergantungan pada internet membuat digital marketing kalian akan bermasalah apabila internet mengalami gangguan. Bisnis kalian akan terganggu jika internet down atau media elektronik lainnya tak bisa berfungsi. kalian perlu melakukan antisipasi apabila hal buruk tersebut terjadi saat bisnis kalian tengah berkembang.

Dengan sedikit ulasan diatas tentunya digital marketing juga mempunyai berbagai manfaat yang sangat berguna untuk meningkatkan bisnis kalian dan mengembangkannya. Simak berbagai manfaat dari digital marketing yang akan kami sampaikan di bawah ini.

  1. Membantu Untuk Meningkatkan Penjualan  – Tujuan dari aktivitas digital marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk bisnis. Nah, karena digital marketing bisa menjangkau lebih banyak sasaran customer, karena akses digital marketing bisa menjangkau semua wilayah yang terkoneksi dengan internet. Maka hal ini nantinya juga akan berdampak pada meningkatnya penjualan kalian.
    Digital Marketing sudah dikonfirmasi oleh banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan pendapatan mereka samping 2.8 kali lipat dari sebelum melaksanakan usaha Digital Marketing.
  2. Menempatkan Posisi Strategis Dalam Persaingan Bisnis – Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital marketing. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun. Dengan begitu, bisnis yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama.
  3. Membuat Kalian Lebih Hemat – Pemasaran Digital Gartner mengeluarkan laporan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka.
    Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.
  4. Membuat Bisnis Terlihat Lebih Profesional – Di era digital seperti sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Tidak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau konsumen, melainkan bisnismu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan. Maka digital marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional.
  5. Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time – Pemasaran digital menawarkan kalian adanya mekanisme respon konsumen atau pelanggan real-time, yang akan memberikan dampak besar pada keberhasilan usaha kalian menurut laporan dari eMarketer.
    Keuntungan dari channel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.
  6. Sarana Penghubung Yang Baik Dengan Konsumen – Digital marketing dilaksanakan dengan beragam media yang terhubung secara langsung dengan customer. Meskipun belum saling mengenal satu sama lain, dengan teknologi digital dimungkinkan untuk melaksanakan komunikasi dengan customer secara langsung dengan teknik digital marketing. Hal ini membuat digital marketing menjadi sangat diminati sebab lebih dekat dengan customer.
    Pelanggan atau customer adalah salah satu hal penting dalam suksesnya sebuah bisnis. Oleh karena itu, membangun kedekatan yang baik dengan pelanggan tentunya sangat penting. Nah, manfaat digital marketing yang berikutnya adalah dapat menjadi sarana penghubung yang baik dengan konsumen.
  7. Membantu Bersaing Dengan Perusahaan Besar – Sebelum teknologi informasi dan komunikasi berkembang cepat seperti sekarang, pengusaha kecil atau pemula biasanya akan susah sekali bersaing dalam dunia bisnis. Tetapi, tidak untuk sekarang.
    Tidak cuman membuat posisi kalian sejajar dengan pesaing, melainkan pemasaran digital juga memungkinkan kalian untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar. Dengan menjalankan pemasaran yang tepat sasaran menerapkan berbagai media digital yang ada.
  8. Memberikan Kemudahan Dalam Melihat Perubahan Bisnis – Mengetahui perubahan bisnis merupakan hal yang sangat penting. Masalahnya, tidak seluruh pebisnis dapat dengan pesat mengetahui perubahan dalam bisnisnya.
    Tetapi, dengan strategi digital marketing, hal ini tidak akan menjadi masalah, sebab perubahan bisnis bisa dengan gampang kalian ketahui tanpa harus menunggu waktu yang lama. Dengan begitu, analisa dan evaluasi bisnis pun juga dapat kalian lakukan dengan cepat.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang akan kalian dapatkan dengan menerapkan digital marketing, beberapa manfaat di atas adalah sebagian dari manfaat yang akan dapatkan. Beberapa manfaat di atas bisa kamu dapatkan ketika bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini menggunakan digital marketing sebagai media pemasaran yang akan membuat bisnis kalian berkembang jauh lebih professional. Apalagi era teknologi saat ini menuntut banyak hal serba digital. Sudah  siapkah untuk bersaing? Seperti biasa kami membuat tulisan ini dari berbagai sumber yang dapat dipercaya :

  • https://www.tamasia.co.id/manfaat-digital-
  • marketing/https://www.progresstech.co.id/blog/manfaat-digital-
  • marketing/https://www.akudigital.com/bisnis-tips/manfaat-digital-marketing-untuk-usaha-bisnis-anda/

Baca juga artikel lainnya tools digital marketing untuk bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *