Manfaat Backup Data Website Secara Rutin

Manfaat Backup Data Website Secara Rutin

Manfaat Backup Data Website – Data pada dasarnya merupakan sebuah catatan informasi yang dikumpulkan dalam suatu tempat. Fungsinya agar dapat ditemukan dengan mudah ketika diperlukan di kemudian hari. Data-data ini harus disimpan baik-baik dan dikelompokkan berdasarkan kategorinya masing-masing. Selain itu, anda harus melakukan backup data secara berkala untuk menjaga keamanan datanya tersebut. Termasuk backup data pada website.

Backup website secara rutin merupakan sebuah hal yang wajib anda lakukan jika anda seorang pemilik atau pengelola website. Jika anda menerapkan cara ini, sudah pasti anda akan lebih mudah dalam mengelola data pada website anda. 

Dari sini anda akan mampu menyimpan file atau data yang anda buat secara berkala. Pasalnya, data website anda sangat rentan dengan berbagai masalah seperti kerusakan atau bisa saja di hack sewaktu-waktu. Apabila anda tidak melakukan backup maka ini akan bisa menjadi hal yang sangat berbahaya untuk dibiarkan. Karena anda akan punya potensi yang tinggi dalam kehilangan data anda kapan saja tanpa anda sadari. Jika hal itu sudah terjadi, maka sudah pasti ini akan membawa dampak yang buruk bagi anda.

Dalam hal Backup website rutin ini, alangkah baiknya jika anda mampu menerapkan semuanya dengan tepat dan signifikan agar hasilnya juga maksimal. Untuk itulah, proses backup akan memudahkan anda untuk menyimpan salinan file dari website anda dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Dengan metode yang tepat anda akan mampu mendapatkan hasil yang tepat dan terbaik juga. Jika anda memang ingin membuat file dari website anda tetap aman, jangan lupa untuk selalu melakukan backup pada website anda karena manfaat backup data website sangat menguntungkan untuk anda.

Baca Juga Pengertian DNSSEC, Sistem Keamanan Pada Sebuah DNS

Manfaat Backup Data Website

Keamanan data dalam situs perlu dijaga jika website yang anda miliki berisi data berupa data pelanggan atau data penting lainnya. Manfaat yang anda dapat secara ringkasnya yaitu bisa menduplikasi datanya, mengembalikan data jika hilang, memberi keamanan terhadap data, kemudahan dalam mengakses data, serta mengantisipasi ketika sistem operasi bermasalah sewaktu-waktu. Selain itu, membackup data website juga berguna untuk menghindari beberapa kasus kerusakan lainnya, seperti :

1. Dapat Terhindar Dari Permasalahan Yang Tidak Penting

Manfaat pertama dari backup website rutin adalah mampu membuat anda terhindar dari berbagai problem yang sebetulnya tidak perlu dan tidak penting sampai terjadi.  Dengan metode ini sudah pasti anda akan lebih mudah mendapatkan solusi, misalnya ketika anda secara tidak sengaja menghapus beberapa data yang ada pada website anda. 

Jika hal ini sudah terjadi, pasti hal tersebut akan sangat merugikan bagi anda, tetapi jika anda sudah backup data pada website, maka hal tersebut bisa anda atasi. Anda tidak boleh menganggap bahwa penyedia hosting akan selalu membackup data anda secara otomatis karena anda perlu melakukannya secara manual. 

Ada kalanya anda perlu melakukan Backup website rutin atau setidaknya koordinasi dengan pihak hosting terkait tempat anda membeli hosting. Jika sudah demikian, maka anda pun akan bisa terhindar dari problematika yang bisa terjadi kapan saja tanpa anda sadari didalamnya.

2. Antisipasi Terkena Hack

Hal lain yang membuat backup website rutin amat penting adalah karena website anda bisa terkena hack kapan saja tanpa anda sadari. Di sinilah anda akan bisa melihat bahwa backup itu menjadi bagian yang penting. Misalnya saja anda menggunakan WordPress sebagai platform dari website anda. Dari sini anda pasti akan melihat bahwa WordPress tersebut adalah open source yang sering digunakan sehingga banyak celah-celah yang bisa dengan mudah dibobol oleh para hacker yang sudah professional. Dengan inilah maka website anda akan bisa diretas dengan mudah. Kalau ini terjadi dan anda tidak pernah melakukan backup, sudah pasti ini akan menjadi sebuah masalah bagi keamanan data-data pada website anda. Paling parahnya lagi anda akan benar-benar kehilangan hak akses terhadap website anda. Jika sudah demikian, ini akan membuat anda menghadapi masalah yang serius.

3. Menghindari Kehilangan Data

Ketika website anda mengalami down untuk sementara waktu demi pembaruan fitur atau pembaruan yang lainnya, itu tidak masalah. Tetapi, yang menjadi masalah adalah data anda ternyata hilang setelah website kembali aktif.

Alasan inilah yang membuat anda perlu melakukan backup data secara berkala dan rutin, agar ketika data pada website hilang ketika mengalami downtime, anda bisa dengan mudah memulihkannya seperti sedia kala.

4. Solusi Dari Serangan Virus dan Malware

Backup website secara rutin akan bisa menanggulangi serangan ketika situs anda mendadak mendapatkan serangan tak terduga dari malware dan virus yang ada didalamnya. Jika anda sudah terkena malware atau virus, maka sudah pasti hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja website anda. Pasalnya berbagai virus seperti Trojan dan juga Worm akan bisa membuat file-file yang ada di situs anda crash atau error. Parahnya lagi hal ini akan membuat situs anda overload. Dengan anda melakukan backup data website terlebih dahulu, anda akan bisa membuat sistem yang ada di website anda pulih seperti sedia kala. Tapi jika sudah terlanjur terkena serangan malware dan virus, ini akan menjadi sebuah masalah yang sangat buruk. Pasalnya, anda akan melihat sendiri bagaimana sistem yang tak dikenal menyusup di website anda. Adanya Backup website rutin akan menghindarkan anda dari berbagai masalah yang bisa saja terjadi.

Cara Backup Website di CPanel

Setelah anda mengetahui manfaat backup data website secara rutin, maka anda penting untuk membackup data pada website. Data yang tersimpan di lebih dari satu media penyimpanan, akan dapat membuat anda lebih merasa aman. Dalam proses restore memang dibutuhkan waktu beberapa saat agar hasilnya bisa terlihat. Untuk di CPanel, anda bisa melakukan backup data sebagai berikut :

  • Pertama-tama anda harus login ke halaman cPanel dengan akun yang anda miliki 
  • Kemudian pada kolom Files, pilih backup Wizard
  • Pilih ‘Back Up’ jika ingin mencadangkan data pada website anda dan pilih menu ‘Restore’ kalau ingin melakukan pemulihan
  • Klik ‘Full Backup’ di halaman selanjutnya untuk membackup semua datanya
  • Setelah itu klik tombol “Generate Backup” untuk mengunduh hasil backup yang tadi. Masukkan email yang anda gunakan untuk menerima hasil dari backup tersebut.
  • Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan notifikasi berupa link backup di kotak masuk email dan buka linknya
  • Setelah mengunduh file backup tadi, anda akan mendapat folder dengan format “.tar.gz,”. File tersebut digunakan untuk melakukan Restore di website anda jika anda ingin melakukan pemulihan pada website. 

Nantinya, backup yang anda lakukan akan terdaftar pada halaman history di Backup Wizard. Backup data secara berkala akan membantu file yang anda simpan tetap terjaga dengan aman. Cadangan data yang disimpan dapat digunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang, terhapus, atau rusak.

Sumber Referensi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *