Elemen Penting Web Design Yang Harus Diperhatikan

Elemen Penting Web Design Yang Harus Diperhatikan

Elemen Penting Web Design – Memiliki website yang fungsional, efisien, mudah digunakan, dan atraktif di saat yang sama, memerlukan prinsip dan konsep. Arsitektur informasi, desain komunikasi visual, grafis, warna, jenis huruf, keseimbangan, dan tata letak adalah contoh elemen desain web penting dalam menentukan desain. Dan karena yang didesain adalah web, tentu anda juga perlu ahli dalam pemrograman web. Dua ilmu dasar yang anda perlu untuk bisa mendesain web adalah desain komunikasi visual dan pemrograman.

Fungsionalitas Mendesain Web

Website merupakan sekumpulan teks, gambar suara ataupun konten lainya. Dengan berkembangnya dalam hal desain terciptalah web desain yang di buat khusus untuk halaman web dan pengembangan web yang secara keseluruhan adalah layanan yang berbasis web. Adapun fungsi untuk mendesain situs web sebagai berikut : sebagai fungsi komunikasi (forum, Chatting), Fungsi informasi (lebih menekankan kualitas konten untuk menyampaikan dengan baik berisi teks maupun grafik dari konten tersebut), Fungsi entertainment (sebagai sarana hiburan untuk penggunaan animasi gambar bergerak, meningkatkan mutu presentasi, game online, online music) ,  Fungsi Transaksi ( dijadiakan transaksi bisnis baik barang maupun jasa yang menghubungkan konsumen dan komunitas dengan pembayaran memlalui kartu kredit, transfer, ataupun membayar langsung).

Web desain sendiri merupakan suatu proses membuat website yang meliputi tata letak website, konten, dan desain grafis. Desain sendiri menggambarkan tampikan visual dari sebuah website, atau sebutan lainnya adalah mewarnai, keseimbangan, penekanan, irama, gaya elemen grafis (garis, bentuk, tekstur,warna, dan arah), penggunaaan ikon, tekstur latar belakang, dan tampilan umum secara keseluruhan website.

Baca Juga Manfaat Website Responsive Bagi Pengelola Website

Elemen Penting Dalam Mendesain Web

Sebetulnya tidak ada aturan khusus tentang bagaimana desain website yang baik. Setiap desain akan disesuaikan dengan maksud dan tujuan masing-masing website. Tetapi, memahami hal-hal dasar tentang desain yang baik dan buruk akan membantu membuat website terlihat lebih baik. Desain itu sendiri adalah proses membuat dan mengkomunikasikan gagasan dalam bentuk gambar atau visual. Tujuan adanya desain adalah untuk menciptakan suatu harmoni dan mencapai satu kesatuan. Elemen penting web design yang dimaksud adalah logo, icon, blok teks, dan foto yang ada dalam suatu halaman web. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan elemen penting web design.

1. Layout ( Tata Letak )

Layout sebuah situs web hendaklah mempertimbangkan letak penyusunan elemen-elemen desain yang memudahkan pembaca untuk mencerna aliran informasi. Perhatikan hierarki dan keseimbangan layout secara keseluruhan. Susunan paling umum adalah atas-bawah-kiri-kanan.

Semua komposisi atau tata letak bisa diuraikan menjadi elemen-elemen desain web sederhana, hasil kombinasi dari titik, garis dan bidang. Space adalah jarak antara satu bentuk dengan bentuk lainnya. Dalam ilmu desain, jarak artinya memberi ruang untuk “istirahat” atau memberi kesan nyaman. Jarak juga akan memberikan penekanan pada objek visual di suatu halaman.

Letak penyusun elemen-elemen desain untuk mempermudahkan pengguna memakai dan membacanya untuk mencerna alur informasi yang didapat. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam penataan layout adalah buat susunan yang mudah dibaca oleh pengguna, susun dalam skala yang prioritas paling penting – penting sampai tidak penting, letakan main post di sebelah kiri dan sidebar sebelah kanan, dan di lihat juga susunan elemen desain.

2. White Space

White space atau ruang kosong  merupakan bagian kosong yang memisahkan elemen satu dari elemen yang lain baik itu jarak ataupun paragraf. Supaya tulisan atau karya yang dibuat tidak terlalu padat dalam penempatannya. Situs web sendiri merupakan forum memberikan informasi yang dapat dicerna oleh pembaca , maka dibuat ruang kosong untuk penjeda. Untuk membuat ruang kosong kita menggunakan beberapa elemen seperti penggunaan tipografi, penggunaan objek dan garis, penggunaan warna, dan penataan keseluruhan.

White space berguna untuk membantu mata manusia mengorganisasi data. Bagi Anda yang belum begitu familiar dengan istilah design, white space bisa diartikan sebagai ruang kosong yang memisahkan antara satu elemen dengan elemen lainnya. Situs web adalah sebuah ruang berisi berbagai informasi, agar informasi itu dapat diolah dengan baik oleh mata pembaca, maka ruang kosong berfungsi sebagai jeda.

3. Jenis Huruf

Prinsip memilih huruf untuk web (web fonts) agak berbeda dengan ketika memilih huruf untuk materi cetak seperti brosur, pamflet, buku, atau materi cetak lainnya. Sebab ketika membaca di layar, mata manusia lebih cepat lelah daripada ketika membaca di atas kertas.

Memilih jenis huruf itu sangatlah penting karena bisa menarik pengunjung, reflex pada pembacaan yang baik .  ada beberapa hal untuk memilih jenis huruf untuk website:

  • Font serif. Macam dari font serif seperti Georgia, Cambria, Times New Roman, dan Bree serif dan biasanya digunakan untuk judul atau headline pada sebuah situs tetapi ada juga yang memakai untuk font isi konten. Font serif sendiri memberikan kesan unik seperti membaca buku,  menarik dan tidak monoton.
  • Font sans- serif.Font sans- serif memiliki beberapa macam yaitu arial, cerdana, Calibri, dan trebuchet ms. Font sans-serif sendiri memiliki kesan formal dan sederhana bagi para pembaca dan biasanya digunakan untuk isi konten untuk memberikan kenyaman saat di baca.
  • Script.Script sender memberikan kesan yang klasik, santai dan kasual. Tetapi jenis huruf script lebih sulit di baca di layar jadi bisa digunakan untuk judul post.
  • Dekoratif. Font dekoratif sangat cocok di gunakan untuk tulisan Image dan untuk satu atau dua kata , karena font dekoratif tidak terlalu cocok untuk judul maupun isi text.
  • Dan untuk ukuran font sendiri yang paling umum di pakai pixels, persentase, dan EM .

4. Titik Fokus

Ketika seorang pengunjung datang ke web, ia akan memulai customer journey dengan memilih sebuah titik mulai (starting point) untuk memperoleh kesan visual. Titik mulai atau starting point dalam desain disebut dengan titik focal (focal point). Titik focal adalah tempat paling menonjol dalam sebuah desain. Desainer biasa menggunakan isolasi, ukuran, dan nilai untuk membuat titik focal.

Titik fokus bisa berupa logo, headline atau gambar yang menyatakan sesuatu secara langsung mengenai suatu konten dalam web. Titik fokus pada situs komersial biasanya adalah sebuah headline, nama perusahaan, logo, dan gambar lain yang akan membuat pengunjung menuju ke halaman informasi. Penjelasan sederhana terkait hirarki adalah urutan dari sesuatu yang dilihat oleh pengunjung. Urutan tersebut ditentukan oleh pentingnya dari masing-masing elemen dan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung. Navigasi juga merupakan komponen penting dalam sebuah web, namun tidak harus ditekankan di setiap halaman. Sama seperti rambu-rambu jalan raya, mudah terlihat dan memberikan informasi yang efektif tanpa menguasai seluruh jalan raya.

5. Kontras Website

Kontras dalam desain bisa digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang berlawanan, hitam dan putih, tebal dan tipis, kecil dan besar. Maka, kontras dalam desain adalah tampilan yang berlawanan.komponen dasar dalam kontras adalah figure-ground relationship atau biasa disebut dengan ruang positif dan negatif. Manfaat dasar dari adanya kontras adalah untuk membuat variasi visual suatu komposisi dan meningkatkan efek visual keseluruhan. Kontras pada layar komputer adalah untuk membantu mata membedakan elemen. Kontras juga bisa meningkatkan readability (keterbacaan) dan bisa membuat sebuah pesan terkesan lantang atau halus.

Ukuran sebuah bentuk biasanya akan menarik perhatian. Foto dengan ukuran besar, layar besar, atau kapal yang besar akan menarik perhatian karena ukurannya. Sebaliknya pun demikian, ukuran yang sangat kecil namun detail juga akan menarik perhatian. Itulah mengapa ukuran merupakan elemen desain web penting dalam desain visual website. Nilai adalah sarana lain untuk mengatur kontras. Nilai akan berhubungan dengan tingkat kegelapan atau terang sebuah objek. Dalam seni desain, nilai juga bisa digunakan untuk membuat bentuk tiga dimensi atau untuk menunjukan sumber cahaya.

6. Pilihan Warna

Situs web bukan kanvas berisi lukisan abstrak, kita sedang menyampaikan informasi kepada pembaca, bukan sedang mendistraksi mata mereka. Yang terpenting dari situs web adalah konten.

Warna juga mempengaruhi psikologi pembaca, menciptakan mood, bahkan menyelusup ke alam bawah sadar. Warna, bisa menyampaikan simbol dirinya sendirinya bahkan tanpa disertai oleh teks. Itu sebabnya mengapa pemilihan warna merupakan salah satu elemen penting dari desain sebuah web.

Salah satu hal yang terpenting dalam situs web adalah konten dan warna latar, tetapi jangan sampai warna latar yang Anda gunakan lebih ramai daripada konten Anda sendiri. Pemilihan warna sendiri penting untuk sebuah desain web. Ada beberapa cara pemilihan warna di situs web yaitu pilihlah warna muda untuk latar dan warna tua untuk teks, gunakan gradasi abu-abu tua untuk penggunaan isi konten, hindari warna-warna primer untuk latar dan untuk variasi pilihlah satu warna untuk tone yang sama atau gradasi warna utama.

7. Navigasi

Navigasi untuk memudahkan pembaca memilih konten yang diinginkan , jadi letakan navigasi di tempat yang mudah ditemukan, dan pilihlah bentuk navigasi yang mudah untuk digunakan agar pembaca ingin berlama-lama di situs web Anda. Anda bisa memulai dengan meletakan navigasi di bagian atas layout, kategorikan navigasi berdasarkan topic dari situs web Anda, gunakan satu baris navigasi, gunakan menu dropdown untuk memisahkan subtopic dengan sub-sub topik, dan Anda juga bisa menggunakan  navigasi linear.

Navigasi ibarat denah atau petunjuk jalan yang memudahkan pembaca untuk mencari kategori konten atau produk apa pun yang mereka inginkan. Letakkan navigasi di tempat yang mudah ditemukan, juga pilih bentuk navigasi yang mudah digunakan agar pembaca betah berlama-lama di situs Anda.

8. Tombol Search

Tidak ada yang lebih menyebalkan selain ketika berkunjung ke sebuah situs web dan tidak menemukan tombol search. Kita tidak akan pernah tahu apa yang ingin ditemukan oleh pembaca ketika datang ke situs web kita. Navigasi, kategori, dan label adalah opsi yang kita berikan, sedangkan tombol search adalah kebebasan. Pembaca tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencari dari satu kategori ke kategori lain atau dari satu konten ke konten lain.

Tombol search merupakan sebuah kebebasan , untuk memudahkan pembaca mencari kategori-kategori yang diinginkan dibutuhkanlah tombol search, jadi letakkan tombol search yang mudah dilihat oleh pembaca dan biasanya tombol search di tempatkan di sebelah navigasi. Untuk memudahkan membuat tombol search , Anda bisa gunakan tombol berupa huruf atau simbol, bisa juga menggunakan fitur google custom search.

9. Laman About Us dan Kontak

Laman about me/us ini memiliki beberapa fungsi yaitu untuk memperkenalkan diri, perusahaan,ataupun jasa, menjelaskan tentang bidang Anda, dan Membangun engagement. Untuk membuat laman about me/us , Anda bisa meletakan di navigasi , berikan informasi yang jelas dan tidak bertele-tele, Anda juga bisa memberikan testimoni dan foto.

Laman kontak bisa mempermudah mereka untuk menghubungi kita. Laman kontak bisa berisi tentang perusahaan (alamat, jam operasional, no telepon, dan surel), personal (alamat, nama kota, no telepon dan surel).

10. Kualitas Gambar

Trend website sekarang menggunakan full image pada website karena akan menarik jika menggunakan gambar yang indah teapi jangan lupa untuk kualitas gambar yang akan Anda gunakan, karna jika kualitas gambar buruk maka web yang telah Anda buat tidak akan menarik pembaca, bukan hanya kualita foto saja tetapi penempatan gambar dan elemen-elemen desain lainnya juga harus di perhatikan. Karena dengan kualitas gambar juga akan mempengaruhi pengalaman pengguna dalam menjelajah websitemu.

Itulah tadi beberapa elemen penting web design yang patut kalian pertimbangkan sebelum mendesain sebuah website. Semoga artikel mengenai elemen penting web design ini berguna bagi kalian semua.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *