Dark Mode Pada Website, Apa Kelebihannya?

Dark Mode Pada Website, Apa Kelebihannya?

Dark Mode Pada Website – Sekarang ini kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka menatap satu layar atau yang lainnya. Baik itu komputer, laptop, atau ponsel, mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat layar mereka dan bisa menyebabkan kerusakan yang signifikan pada mata mereka.

Untuk menanggulangi hal tersebut, perusahaan teknologi telepon datang dengan mode perlindungan mata cahaya hangat, sedangkan desain web dan perusahaan pengembangan website datang dengan Desain Web Mode Gelap atau Dark mode pada website untuk mengurangi kontraksi pada mata. Ada beberapa manfaat lain yang harus anda ketahui dari penggunakan dark mode pada website ini.

Baca Juga Tips Redesign Website di Tahun 2021

Yang Harus Anda Ketahui Tentang Dark Mode Pada Website

Latar belakang gelap tidak cocok untuk setiap situs web dan tidak setiap desainer merasa mudah untuk membuat situs yang terlihat bagus dengan skema warna yang lebih gelap. Itu karena biasanya konten pada website kurang terbaca dan harus lebih banyak bereksperimen untuk menemukan keseimbangan antara latar belakang dan elemen situs lainnya. Namun, dengan beberapa trik yang telah terbukti, mereka dapat mengekspresikan kreativitas dan membuat situs web yang hadir dengan pengalaman yang menyenangkan.

Apa alasan untuk memakai dark mode di situs web Anda?

Salah satu alasan utamanya adalah lebih mudah untuk menelusuri situs web dengan latar belakang yang lebih gelap untuk waktu yang lebih lama, karena tidak melelahkan mata, terutama di malam hari. Tidak mengganggu siklus alami tubuh yang dialami banyak orang saat menggunakan ponsel menjelang tidur. Inilah sebabnya mengapa platform populer, seperti Twitter dan YouTube, telah memperhatikan masalah ini dan sekarang menawarkan opsi untuk beralih ke mode gelap.

Warna yang lebih gelap adalah pilihan yang lebih baik untuk industri tertentu

Pikirkan saja tentang sebagian besar perusahaan game. Hal yang sama berlaku untuk, katakanlah, sebuah band metal. Dan sekarang pikirkan tentang situs web Netflix, dapatkah Anda bayangkan seperti apa tampilannya dengan latar belakang yang terang? Tahukah Anda bahwa hitam sering dikaitkan dengan keanggunan, prestise, dan kekuasaan? Secara keseluruhan, latar belakang gelap biasanya berfungsi lebih baik untuk antarmuka berdasarkan elemen grafis daripada situs web yang sarat konten.

Ada banyak cara desain yang lebih gelap dapat digunakan untuk menekankan sifat bisnis dan tujuannya. Gunakan warna dengan kontras tinggi antara teks atau gambar dengan background. Anda perlu melakukan upaya ekstra untuk memastikan bahwa konten pada website gelap anda bisa terbaca dengan baik.

Kelebihan Dark Mode Pada Website

Keuntungan kesehatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, layar yang diaktifkan mode gelap menyebabkan ketegangan yang lebih rendah daripada layar putih biasanya. Ini sangat membantu di malam hari atau di ruangan dengan lampu yang mati. Layar putih akan terlihat mencolok, sedangkan layar gelap membantu mata menyesuaikan diri dengan cahaya sekitar.

Paparan Cahaya Biru menekan produksi Melatonin, hormon pengatur tidur. Penurunan kadar hormon dapat menyebabkan obesitas, insomnia, sakit kepala, ketegangan leher dan tulang belakang, dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Layar mode Gelap meniru cahaya alami di sekitar kita, bahkan saat siang hari.

Penghematan energi

Ponsel dan Laptop cepat terkuras daya karena penggunaan yang berlebihan dan menjalankan banyak aplikasi. Pada perangkat dengan layar OLED atau AMOLED, penghematan daya yang ditentukan telah mencapai 60% bahkan pada kecerahan 100%. Faktanya, setelah beralih ke DarkMode, Youtube telah melaporkan penghematan energi 15% pada kecerahan 50%. Ini membantu menghemat daya baterai, terutama saat kita harus bekerja berjam-jam tanpa akses ke pengisi daya atau titik pengisian daya. Fitur ini telah memungkinkan perusahaan desain dan pengembangan web untuk mendorong tingkat retensi yang lebih lama di situs dan aplikasi mereka.

Silau dan Gangguan Minimal

Saat menggunakan layar putih, ada terlalu banyak ruang kosong yang memancarkan cahaya biru. Hal ini menyebabkan silau yang menciptakan ketegangan pada mata. Ruang kontras adalah gangguan yang terlihat yang mengalihkan perhatian dari konten dan visual. Mode Gelap tetap menenangkan secara visual, sementara huruf putih dan warna lain muncul. Perusahaan Desain dan Pengembangan Web menggunakan warna yang diredam yang lebih mudah dilihat dan membutuhkan lebih sedikit daya untuk ditampilkan.

Menarik secara visual

Dibandingkan dengan layar putih pada umumnya, layar Mode Gelap memiliki pesona tertentu. Hitam selalu dikaitkan dengan Kelas dan Keanggunan. Gambar tampak hidup dari layar dengan latar belakang hitam. Itu terlihat estetis sementara juga memiliki daya tarik fungsional. Banyak aplikasi hiburan telah memperkenalkan opsi Mode Gelap, dan telah melaporkan peningkatan penggunaan. Polar, platform dukungan Pendidikan mensurvei penggunanya tentang apakah mereka lebih suka Mode Terang atau Gelap. Hasilnya muncul bahwa 95% pengguna benar-benar beralih ke mode gelap.

Untuk mengakomodasi pengguna yang masih menyukai layar putih dan untuk digunakan dalam cahaya terang, perusahaan desain dan pengembangan web merancang sakelar sakelar untuk beralih antara mode terang dan gelap. Selain itu, ada opsi otomatis untuk menyesuaikan tampilan layar sesuai dengan pencahayaan dan daya baterai yang tersedia. Fitur otomatis adalah salah satu dari banyak kemudahan dan disambut oleh pengguna di mana saja.

Kesimpulan

Desain situs web Mode Gelap telah diadopsi oleh beberapa raksasa teknologi terbesar di luar sana. Tak perlu dikatakan mode gelap diproyeksikan sebagai bantuan yang bermanfaat bagi pelanggan yang menggunakan teknologi mereka daripada sebagai fitur yang bermanfaat bagi penyedia layanan. Mode Gelap nyaman di mata pengguna, terutama dalam cahaya redup atau di malam hari.

Desain gelap meregangkan konsumsi baterai sehingga memungkinkan mereka menghabiskan waktu lebih lama di ponsel tanpa harus mengisi daya ponsel. Desainnya juga estetis lebih fokus pada teks di atas latar belakang gelap yang muncul. Mesin pencari tidak memiliki preferensi untuk mode gelap daripada terang, tetapi jumlah pengguna yang lebih tinggi secara otomatis memberi sinyal kepada mesin pencari untuk meningkatkan peringkat situs ini.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *