Bedanya Banner dan Spanduk Agar Tidak Salah Desain

Bedanya Banner dan Spanduk Agar Tidak Salah Desain

Bedanya Banner dan Spanduk – Media promosi sendiri adalah sebuah sarana komunikasi yang dipakai oleh suatu bisnis, usaha, atau jasa dalam mempromosikan produk mereka. Media promosi bagi seseorang juga bisa digunakan dengan tujuan untuk menyampaikan pesan kepada pasar yang dituju.

Secara umum, media promosi ini dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian. Yaitu promosi media cetak, promosi media elektronik dan juga promosi luar ruang atau outdoor. Perbedaan dari ketiga jenis media promosi tadi yaitu terletak pada fungsinya, tetapi hanya bentuknya saja yang terlihat berbeda.

Media promosi juga mempunyai peranan penting lainnya, sama pentingnya seperti media promosi lain termasuk sales promotion, public relation, personal setting, direct marketing.

Saat ini, ada banyak sekali media promosi yang dapat dijumpai di sepanjang jalan, seperti banner dan spanduk. Tetapi tahukah anda apa bedanya banner dan spanduk ini? Mengapa seringkali digunakan sebagai media promosi?

Baca Juga Bedanya Brosur dan Flyer Yang Harus Kalian Ketahui

Bedanya Banner dan Spanduk

Jika dilihat secara sekilas, banner dan spanduk ini memang sama-sama media promosi berbasis cetak. Jadi sangat wajar jika kemudian banyak yang sering menyamakan antara banner dan spanduk ini. Tapi pada dasarnya hal itu tidak benar karena banner dan spanduk berbeda. Agar tidak salah kaprah, berikut ini adalah bedanya banner dan spanduk yang harus anda ketahui.

  1. Segi Ukuran

Perbedaan pertama yang terlihat dari banner dan spanduk ini adalah dari segi ukuran. Banner dan spanduk adalah media promosi cetak yang bisa dibedakan berdasarkan ukurannya. Untuk ukuran spanduk pada umumnya memiliki ukuran yang berkisar sekitar 80 cm x 200 cm. Dan ukuran ini termasuk ke dalam ukuran spanduk yang paling kecil. Ukurannya bisa mencapai 150 cm x 300 cm untuk yang paling besar. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya informasi yang ingin disampaikan pada spanduk.

Sedangkan untuk ukuran banner berukuran mulai dari 60 cm x 160 cm sampai dengan 80 cm x 200 cm. Bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan yang ingin dipakai.

Tetapi, untuk ukuran kedua media promosi ini bisa disesuaikan jika membutuhkan ukuran yang lebih besar. Ukurannya mungkin bisa sampai melebihi 300 cm.

  1. Bahan Kertas

Perbedaan selanjutnya yang bisa anda lihat adalah dari bahan kertas yang digunakan pada keduanya. Walaupun pada dasarnya jenis kertas yang digunakan cenderung banyak dan sama, tetapi perbedaannya masih tetap ada. Dalam penggunaan kertas pada spanduk dan banner dapat dibedakan berdasarkan peletakkan media promosi itu, apakah di taruh di dalam ruangan atau di luar ruangan. Jenis kertas flexi China hingga flexi Jerman biasanya digunakan untuk spanduk karena jenis kertas flexi ini memiliki daya tahan yang cukup kuat.Dan juga, ada bahan yang biasa digunakan adalah cloth banner, bahan yang memiliki tekstur menyerupai kain. Dinilai lebih praktis dan ringan saat dibawa atau dilipat.

Sedangkan untuk bahan kertas pada banner, biasanya menggunakan kertas berbahan albatros. Ini karena kertas albatros memiliki kualitas bahan yang bagus saat diletakkan di dalam ruangan. Bukan hanya kertas albatros, banner juga bisa menggunakan kertas PVC yang teksturnya kaku dan tidak mudah sobek.

  1. Tempat Meletakkan

Seperti yang anda sering temui dimanapun itu, spanduk lebih cocok untuk ditaruh di luar ruangan, karena itu peletakannya juga biasanya lebih beragam. Dengan memberikan simpul pengikat di tiap-tiap ujungnya, spanduk bisa diletakkan dimana saja.  Bisa diletakkan dengan menggantungnya di tembok, pohon, ranting, dan segala jenis benda yang bisa dijadikan penyangga agar spanduk tadi dapat menempel.

Tetapi hal ini berbeda dengan banner. Karena banner digunakan dalam bentuk yang horizontal, maka banner membutuhkan tiang sandaran untuk dapat berdiri dengan tegak. Itulah mengapa banner ini lebih sering dijadikan sebagai media promosi untuk diletakan di dalam sebuah ruangan. Beberapa jenis banner yang biasa anda akan temui di cetak banner adalah roll up banner, Y banner dan X banner.

Jika anda ingin mencari media promosi yang sifatnya semi formal dan formal, untuk instansi maupun institusi resmi, maka menggunakan banner adalah jawaban yang paling tepat.

  1. Mesin Cetak Yang Dipakai

Bedanya banner dan spanduk yang terakhir adalah terletak pada mesin cetaknya. Walaupun banner dan spanduk sama-sama menggunakan teknik digital printing, namun jenis mesinnya tetap saja berbeda. Spanduk biasanya dicetak dengan mesin yang khusus digunakan untuk kebutuhan luar ruangan. Sehingga penggunaan tinta serta hasil akhirnya akan lebih tahan banting dan tahan lama ketika harus diletakkan diluar ruangan dan terkena hujan ataupun terpapar sinar matahari.

Sedangkan banner biasanya dicetak menggunakan mesin cetak indoor, karena itulah hasilnya tak begitu awet jika terkena sinar matahari secara langsung. Maka tidak heran juga jika biaya cetak banner menjadi lebih murah dibandingkan dengan spanduk.

Itulah tadi bedanya antara spanduk dan banner. Dari penjelasan diatas anda bisa menilai manakah media promosi yang sekiranya paling cocok dengan kebutuhan anda saat ini. Jangan sampai salah memilih agar hasilnya dapat maksimal bagi anda!

 Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *