Apa itu SERP? Dan Seperti Apa Bentuknya?

Apa itu SERP? Dan Seperti Apa Bentuknya?

Apa itu SERP? – Perkembangan internet sangatlah pesat, setiap orang dengan mudah mencari informasi, cukup dengan mengetikan keyword atau kata kunci di mesin pencari, maka akan muncul hasilnya. Berkaitan dengan search engine atau mesin pencari ada salah satu istilah yang akan sering ditemukan yaitu SERP.

Istilah SERP ini tidak hanya digunakan oleh Google saja, tetapi juga untuk search engine lain seperti Bing, Yahoo, Yandex, DuckDuckGo, dan lain-lain. Semua menggunakan patokan yang sama, bahwa website yang paling berkualitas ditempatkan pada posisi teratas pada SERP. Agar bisa mendapatkan hasil seperti itu, maka anda harus bisa memaksimalkan SEO anda. Karena semakin tinggi posisi website di SERP maka semakin besar peluangnya untuk dibuka oleh pengguna internet.

Baca Juga Pengertian CTR (Click Through Rate) dan Cara Optimasinya

Apa Itu Serp?

Jika anda bekerja dalam bidang website ataupun saat ini belajar tentang SEO, mungkin pernah mendengar istilah SERP. SERP memang menjadi salah satu istilah yang sering diucapkan ketika melakukan pengembangan website.

Seperti berbicara tentang traffic, optimasi SEO, sampai dengan content marketing, istilah ini pasti selalu digunakan karena memang tujuan dari semua aktivitas itu untuk meningkatkan SERP.

SERP adalah istilah dalam bahasa inggris yang merupakan kepanjangan dari Search Engine Result Page dan memiliki arti daftar hasil (result) dari sebuah pencarian kata kunci di mesin pencari seperti Google. SERP merupakan hasil atau result yang bersifat dinamis atau berubah-ubah yang biasanya sangat dipengaruhi oleh performa dari website itu sendiri.

SERP memiliki versi yang berbeda-beda tergantung mesin pencari apa yang digunakan di web browser. Misalkan ketika anda menggunakan Google untuk mencari suatu informasi, maka ada kemungkinan hasilnya akan berbeda jika menggunakan mesin pencari lainnya seperti Yahoo, Bing dan lain-lain.

Hal itu terjadi karena mesin pencari satu dan lainnya memiliki algoritma yang berbeda-beda untuk menyaring informasi yang muncul di SERP. Jadi tidak akan aneh bila hasilnya akan berbeda-beda jika anda mencoba melakukan pencarian satu persatu.

Fungsi SERP

Singkatnya, fungsi SERP adalah untuk mengukur sejauh mana kualitas website atau blog yang anda miliki. Semakin bagus kualitas website atau blog maka akan semakin tinggi SERP website dan blog anda. Untuk menghasilkan SERP yang bagus, anda haruslah dapat mengoptimalkan SEO website dengan baik.

Perbedaan SEO dan SERP

Sampai sekarang ini masih ada beberapa orang yang menganggap bahwa SERP sama dengan SEO. Pada dasarnya SEO itu teknik untuk optimasi website sedangkan SERP itu adalah hasil dari optimasi website tersebut, semakin bagus posisi di SERP maka semakin bagus pula teknik SEO yang sudah dilakukan oleh pemilik website tersebut. Hanya satu yang menjadi kesamaan antara SERP dan SEO yaitu sama-sama berkaitan dengan Search Engine.

Fitur Dalam SERP

Setelah mengetahui tentang SERP, ternyata SERP juga memiliki beberapa fitur. Dilansir dari salah satu penyedia layanan hosting di Indonesia yaitu Qwords, yaitu seperti yang dibawah ini :

1. Pay Per Click ( Iklan Berbayar )

Yang pertama adalah Pay Per Click atau biasa disingkat dengan PPC.  Singkatnya, lewat fitur ini, konten anda sudah pasti ada di atas mesin pencarian. Akan tetapi, anda harus membayar mesin pencari untuk mendapatkan posisi itu. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, anda bisa membaca artikelnya disini.

2. Shopping Result

Shopping result adalah salah satu dari fitur SERP yang diberikan kepada para marketplace yang menjual barang sesuai dengan kata kunci yang dicari. Jika Anda membukanya akan langsung diarahkan ke marketplace langsung. Untuk sistem pembayarannya dengan metode PPC tadi.

3. Featured Snippets

Featured snippets adalah website yang diberikan peringkat paling atas dengan menampilkan cuplikan dari konten yang terdapat dalam website. Featured snippets ini menjadi bonus untuk konten-konten yang memiliki kualitas bagus. Ada beberapa orang yang menyebut bahwa featured snippets adalah peringkat 0 Google, jadi potensi kliknya jauh lebih besar.

4. Rich Snippets

Snippets ini sedikit berbeda dengan featured snippets, rich snippets adalah fitur untuk menampilkan hasil review dari suatu website. Jadi website Anda akan memiliki rating bintang berdasarkan review dari pengguna. Semakin banyak jumlah bintangnya maka semakin bagus pula rating website Anda.

5. Knowledge Cards

Knowledge cards merupakan fitur yang ada pada SERP untuk menampilkan jawaban secara singkat untuk pembaca. Tampilannya bermacam-macam sesuai dengan search intent pengguna. 

6. Organic Search Result

Organic search result adalah hasil SERP berdasarkan peringkat SEO website itu sendiri. Semakin bagus hasil pencarian organicnya maka peringkatnya berada pada posisi atas SERP.

7. Sitelink

Sitelink adalah ringkasan tampilan halaman-halaman yang terpopuler dari website Anda. informasi sitelink ini menjadi bonus untuk website-website yang dianggap bagus oleh Google. Sitelink ini juga membantu Anda untuk meningkatkan CTR ke halaman website.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi pembahasan mengenai apa itu SERP dan seperti apa fungsinya. Jadi pada dasarnya SERP itu hasil dari optimasi SEO website. Jika SEO berjalan dengan baik, maka SERP dari website anda bisa berada di jajaran teratas.

Referensi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *