Apa itu IP Address? Dan Apa Fungsinya?

Apa itu IP Address? Dan Apa Fungsinya?

Apa itu IP Address – Dunia internet adalah tempat yang saat ini menyimpan berbagai macam informasi yang anda butuhkan. Ratusan bahkan jutaan informasi bisa diakses dengan begitu mudah dan cepat jika anda terhubung dengan jaringan internet. Penggunaan internet pun bisa dikatakan sangat-sangat mudah dan hanya bermodalkan handphone saja anda bisa menggunakan dan menjelajah di internet. Bahkan, untuk orang awam pun dapat dengan mudah menggunakan internet.

Dibalik penggunaan internet tersebut yang terbilang mudah dan cepat tersebut, ada beberapa komponen penting yang menjadi penggeraknya. Salah satunya adalah IP Address. IP Address ini merupakan salah satu komponen yang akan membantu pengguna internet mencari informasi yang ada di internet. IP Address dapat dikatakan sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan pengguna dengan internet.

Jika anda sudah lama atau sudah pernah mendengar istilah “IP Address” pastinya anda sudah sedikit mengetahui kegunaannya. Tetapi, bagi sebagian orang awam ternyata banyak yang belum tahu secara detail mengenai apa itu IP Address, manfaatnya, fungsinya, dan bagaimana cara dari IP Address tersebut.

Padahal, setiap perangkat seperti komputer, gadget, atau kamera yang terhubung ke jaringan akan membutuhkan pengenal unik seperti IP Address sehingga perangkat lain tahu cara mengenalinya.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai IP Address, maka kalian perlu membaca habis artikel ini yang akan membahas mengenai apa itu IP Address, bagaimana cara kerjanya, seperti apa manfaatnya, jenis-jenisnya, dan lain-lain.

Baca Juga Pengertian URL Serta Penjelasan Lengkapnya

Apa itu IP Address?

IP Address yang merupakan singkatan dari Internet Protocol Address bisa dikatakan layaknya alamat rumah yang berfungsi sebagai identitas tempat tinggal di dalam jaringan internet. Umumnya, IP Address ini akan berisi sederet angka yang dapat dimiliki oleh setiap ponsel, komputer, atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet. Dan setiap perangkat tadi akan memiliki IP Address atau alamat yang tentunya akan berbeda-beda satu sama lain.  Angka-angka tersebut dikelompokkan menjadi 4. Setiap kelompok angka tersebut terdiri dari 1 sampai 3 digit angka di dalamnya. Rentang angka dalam IP Address dapat berkisar antara 0 sampai dengan 255. Salah satu contoh IP Address adalah 157.240.7.35. IP Address tersebut merupakan IP Address yang dimiliki oleh salah satu platform media sosial terbesar yaitu Facebook.

Di dalam sebuah IP Address biasanya terdapat 2 bagian di dalamnya yaitu Network ID dan Host ID. Network ID merupakan bagian dari IP Address yang memberitahu dimana sebuah jaringan itu aktif. Dalam contoh IP Address milik Facebook diatas, Network ID ditunjukkan dengan 3 angka di awal 157. Lalu ada Host ID, bagian dari IP address yang merujuk pada identitas perangkat dalam jaringan. Dari contoh diatas Host ID terletak pada angka yang terakhir .Di Sebuah jaringan, Network ID dapat dianalogikan sebagai sebuah perumahan, dan Host ID adalah nomor-nomor rumah yang ada dalam perumahan tadi.

Jenis-Jenis IP Address

Secara umum, saat ini terdapat dua versi dari IP address yang sering digunakan yakni IPv4 dan IPv6. IPv4 adalah versi yang dipakai dari sejak awal internet ada dan dimanfaatkan untuk kebutuhan komersil atau komersial. 

 

  • IPv4

 

IPv4 adalah IP address versi keempat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat jaringan. IPv4 ini adalah IP Address yang digunakan ketika internet pertama kali digunakan oleh orang banyak. Tetapi, seiring perkembangan zaman dan teknologi yang kian pesat membuat penggunaan IPv4 tidak memenuhi jumlah penggunaan perangkat komputer yang semakin banyak. Anda dapat menggunakan NAT (Network Address Translation) untuk mengatasi permasalahan itu.

 

  • IPv6

 

IPv6 adalah versi terbaru yang saat ini sudah tersedia karena jumlah dari IPv4 yang semakin lama akan semakin menipis. Berbeda dari IPv4, IPv6 terdiri dari 8 kelompok angka dan huruf yang setiap kelompoknya dipisahkan dengan titik dua.

Dilihat dari cakupannya, terdapat dua klasifikasi dari IP Address ini, yaitu :

 

  • IP Address Private

 

IP Address private merupakan jenis IP Address yang biasa digunakan oleh komputer atau perangkat untuk jaringan berskala lokal atau Local Area Network ( LAN ). Sehingga IP Address jenis ini memiliki cakupan yang terbilang kecil. IP Address memungkinkan pengguna alamat yang sama dengan syarat satu dan jaringan lainnya tidak saling terhubung dalam jaringan lokal.

 

  • IP Address Public

 

IP Address public ini adalah jenis IP Address yang dapat diakses dengan jaringan internet dan dapat dimiliki oleh segala perangkat yang ditujukan untuk orang-orang atau masyarakat umum. IP Public memiliki luas cakupan yang lebih dari IP Private. Adapun contoh yang menggunakannya adalah server website, server email, dan router pada sebuah perangkat WI-FI. Pengguna internet umumnya dapat mendapatkan IP Public ini melalui provider internet atau disebut ISP (Internet Service Provider).

Dilihat dari cara perolehannya, IP Address juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

 

  • IP Dynamic

 

IP Dynamic adalah sebuah IP yang akan selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Ini terjadi karena hal ini merupakan biaya yang efektif bagi provider internet atau ISP untuk alokasi IP kepada pelanggan mereka. Penggunaan IP Address yang berubah-ubah juga dapat disebabkan karena persediaan alamat IP Address yang semakin lama semakin sedikit. Sehingga perubahan terhadap IP Address tersebut karena penggunaan IP secara bergantian.

 

  • IP Static

 

IP Static adalah IP yang tidak akan berubah. Berbeda dengan IP Dynamic, umumnya IP Statis digunakan oleh sebuah server atau perangkat yang penting. Pemberian IP ini jika ingin mendapatkannya maka wajib untuk membayar kepada provider internet atau ISP. Ini dikarenakan IP Address yang sudah digunakan tidak akan lagi berubah-ubah alias tetap.

Fungsi dan Manfaat IP Address

Salah satu fungsi IP Address adalah sebagai identitas alamat setiap perangkat jaringan yang akan melakukan komunikasi antar perangkat nantinya. Sehingga, fungsi IP Address ini berguna untuk perangkat komputer saat mengakses internet. Jika pengguna ingin mengetahui alamat perangkat, pengguna bisa melihat di pengaturan jaringan. Anda juga bisa mengecek alamat IP dengan mengunjungi website What My IP

Fungsi dan manfaat lainnya dari IP Address adalah sebagai alat identifikasi interface atau host. Perangkat komputer yang digunakan dalam jaringan akan disebut sebagai host. Dan IP Address harus berbeda pada setiap host atau perangkat.

Kesimpulan

IP Address adalah aksesibilitas yang mudah dalam melakukan semua kegiatan di internet. Manfaat IP Address berkaitan erat dengan fungsi IP Address sebagai identitas sebuah perangkat. Jika dianalogikan sebuah perangkat sebagai manusia dan IP Address adalah sebuah nama, tentu hal ini akan mempermudah komunikasi antar manusia. Intinya, manfaat utama dari penggunaan IP Address ini bagi pengguna internet yaitu agar dapat melakukan komunikasi data, mengakses informasi, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan internet.

Sumber Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *