Apa Itu Call to Action (CTA) Pada Website ?

Apa Itu Call to Action (CTA) Pada Website ?

Apa itu Call to Action – Kalian pasti sering bertanya-tanya bagaimana iklan komersial suatu perusahaan dapat meyakinkan orang untuk membeli produk mereka? Bahkan di era sekarang ini hal itu tetap laku keras dipasaran. Apa yang membuat jutaan pelanggan yang secara teratur membeli produk yang ditawarkan dari iklan tersebut?

Jawabannya? Semuanya berfokus pada satu komponen penting didalam marketing yang dikenal sebagai Call To Action atau CTA. Iklan komersial sangat pandai memberitahu pelanggan apa yang harus dilakukan dan bagaimana mereka tertarik untuk melakukannya. Masing-masing dari CTA itu memberikan pesan yang jelas, ringkas, dan mendesak seolah-olah mereka harus membeli produk itu untuk kepentingan mereka.

Sebenarnya apa itu call to action atau CTA ini? Singkatnya, CTA adalah salah satu strategi tertua dalam dunia marketing, dan tetap menjadi salah satu dari sekian banyak taktik pemasaran paling efektif hingga saat ini, bahkan dalam dunia digital marketing sekalipun. Sudah banyak studi orang-orang yang melakukan ini dan menunjukkan bagaimana Call To Action yang jelas secara teratur dapat meyakinkan pelanggan untuk membuat keputusan dengan cepat dan tepat untuk segera membeli produk mereka.

Ingin tahu cara bagaimana Anda dapat menerapkan CTA ini agar bekerja dalam marketing Anda sendiri? Artikel ini akan menjelaskan apa itu call to action atau CTA dan bagaimana penerapan CTA khususnya pada website toko online atau yang sejenisnya.

Baca Juga Pengertian CTR (Click Through Rate) dan Cara Optimasinya

Apa itu Call to Action ( CTA ) ?

Call to Action atau disingkat CTA adalah istilah dalam dunia marketing yang mengacu pada konten atau gambar, bisa juga pada teks, namun yang paling sering ditemukan adalah berupa button atau tombol yang bertujuan untuk meminta pengguna melakukan tindakan tertentu sesuai dengan isyarat yang ada pada CTA itu. Tindakan yang dilakukan biasanya mengambil bentuk instruksi atau arahan menggunakan kata kerja seperti beli sekarang, daftar, ikuti kami, langganan sekarang, dan lain sebagainya. CTA akan mengarahkan konsumen ke langkah berikutnya dari proses yang dipilih tadi.

Call To Action paling sering digunakan dalam penjualan dan pemasaran produk khususnya website toko online untuk memancing pelanggan agar tertarik terhadap produk atau yang lainnya. Misalnya, CTA digunakan untuk menangani masalah email marketing, diskon, atau produk terbaru anda seperti :

  • Subscribe untuk dapatkan notifikasi
  • Klaim hadiahmu sekarang 
  • Beli dan rasakan manfaatnya

Website dan email akan mendapat manfaat dari CTA yang tepat untuk dapat memberi kesan yang baik dan memotivasi pelanggan yang datang. Tidak peduli seberapa bagus produk atau layanan Anda, jika tidak dibarengi CTA atau yang sejenisnya akan sangat sulit pelanggan menjangkau produk Anda. Gunakan CTA yang kuat, baik dalam bentuk teks, tombol, banner, pop-up, atau yang lainnya yang dapat menarik perhatian calon pelanggan.

Pentingnya Call to Action ( CTA )

Tujuan utama CTA adalah untuk mengubah pengguna tadi menjadi pelanggan dan menghasilkan lebih banyak trafik khususnya bila Anda menggunakan CTA pada website e-commerce. Anda membutuhkan CTA untuk mengubah trafik dari website Anda menjadi klien dan meningkatkan pendapatan Anda dari penggunaan CTA dan email marketing. CTA itu penting agar memotivasi pengguna supaya berkeinginan untuk mengklik dan menggunakan penawaran yang anda buat dalam bentuk CTA. Anda harus membuatnya semenarik mungkin dan dapat meyakinkan calon pelanggan Anda.

Dari sekian banyak website yang menggunakan CTA, khususnya pada website e-commerce dapat bekerja dengan sangat baik. Pernyataan yang tampaknya sederhana ini memiliki makna yang sangat kuat. Memasukkan satu buah CTA dalam email dapat meningkatkan tingkat penjualan. Di sisi lain, menggunakan CTA di website Anda dapat menghasilkan peningkatan  pada setiap klik dan konversi.

Sebagian besar dalam digital marketing ingin pelanggan mereka untuk mengambil tindakan spesifik ketika mengunjungi website e-commerce mereka. Misalnya, Anda perlu memberi tahu orang-orang untuk mendaftar ke surat kabar email, mengunduh panduan produk, atau melakukan pembelian produk secara langsung. Dari banyaknya pembahasan CTA tadi, yang jelas harus dapat mendorong pelanggan untuk meng-klik segala bentuk penawaran yang Anda muat di dalam CTA.

Jenis-Jenis Call to Action

Call to Action atau CTA ternyata juga dapat dikelompokkan berdasarkan jenis-jenis yang berbeda dan memiliki kegunaannya masing-masing.

  1. Lead Generation

Di dalam dunia marketing, ada istilah yang disebut dengan leads yang menggambarkan sekelompok orang atau perusahaan yang tertarik dengan apa yang bisnis Anda tawarkan. Mereka menunjukkan jenis CTA ini dengan memasukkan data mereka seperti email, nomor handphone, atau yang lainnya

Nah, agar jenis CTA yang ditujukan dapat menggaet pengunjung menjadi lead, Anda harus meletakkannya di tempat yang tepat dan dapat dilihat oleh pengguna yang akan datang. Sebagai contoh, Anda ingin membuat pengunjung mendaftar dan ingin menjadi member di website yang Anda miliki. Dalam hal ini, pastikan CTA terlihat ketika mereka sedang membuka website atau muncul di menu sidebar website anda. Dapat juga menggunakan pop-up banner di atas halaman, atau mungkin dengan tulisan “Berlangganan Sekarang!”. Dengan begitu, pengunjung akan tahu bahwa dengan mengklik link tersebut mereka akan diarahkan halaman untuk menjadi member.

  1. Tombol Untuk Membaca 

CTA tidak harus selalu menghasilkan leads yang berakhir mendaftarkan diri atau membeli sebuah produk. Jenis CTA lainnya adalah tombol untuk membaca khususnya yang akan diarahkan ke suatu artikel di dalam blog milik Anda. Di halaman utama pada blog, pasti tidak semua artikel ditampilkan secara penuh isinya.

Oleh karena itu tombol CTA disini dapat berguna untuk membantu pembaca agar tertarik membaca lebih lanjut mengenai blog atau artikel Anda, seperti menggunakan tombol “Baca selengkapnya”, dan statistik traffic di halaman tersebut juga akan meningkat.

  1. Penawaran Produk dan Jasa

Salah satu kegunaan website adalah untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Jenis CTA yang berikutnya akan menunjukkan hal tersebut ke pengunjung website Anda.

Biasanya, CTA ini berbentuk tombol dengan tulisan “Beli Sekarang!” atau “Pilih Produk Anda Sekarang!”. Penempatan jenis CTA ini harus jelas penempatannya pada website dan penggunaan kata-katanya juga mewakili apa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Sebisa mungkin menggunakan kata kerja ajakan agar para calon pembeli tertarik untuk mengklik apa yang Anda muat.

Kesimpulan

Call to Action atau CTA adalah elemen penting dari website, iklan atau materi marketing lainnya agar audiens segera mengambil tindakan terkait CTA yang dibuat. Sudah pasti CTA tidak berdiri sendirian. Melainkan berdampingan dengan konten lain yang berperan mengedukasi audiens dan memberikan kesan awal lainnya.

Namun, peran CTA disini sudah terlihat jelas. Yaitu mendorong dan mengingatkan audiens agar segera melakukan tindakan ketika melihat CTA yang Anda miliki. Tanpa CTA, konten lain yang sudah Anda sajikan dengan matang bisa jadi percuma.

Setelah memahami CTA, maka Anda bisa mencoba :

  • Membuat CTA teks yang baik
  • Membuat konsep tampilan CTA agar dapat menarik perhatian orang
  • Pastikan posisi nya sesuai dan tepat

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu call to action atau CTA, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda para pelaku marketing online agar dapat meningkatkan trafik penjualan pada website Anda.

Sumber Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *